Pemerintah Pastikan Alokasi Anggaran Pemilu 2024 Aman

Pemerintah Pastikan Alokasi Anggaran Pemilu 2024 Aman
Pemerintah Pastikan Alokasi Anggaran Pemilu 2024 Aman (wJtoday/yoga enggar)

WJtoday, Jakarta - Pemerintah berkomitmen untuk menyediakan seluruh biaya yang diperlukan untuk menyukseskan agenda Pemilu 2024. Sedangkan anggaran yang telah disetujui segera dikucurkan Kementerian Keuangan.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan siap mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rangka menyukseskan kegiatan Pemilu tahun 2024, dengan melakukan pengkajian alokasi anggaran yang dipastikan aman.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata dalam pertemuan media secara daring, Kamis, 4 Agustus 2022.

Diketahui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD  telah mengundang Kementerian Keuangan bersama KPU dan Bawaslu untuk memastikan aggaran Pemilu, yang belakangan menjadi polemik di media massa, Kamis (4/8/2022).

"Berapa pun biayanya, asal rasional. Tingkat rasionalitas biaya itu dibicarakan bersama, antara KPU, pemerintah, DPR dan lain-lain. Itu yang akan dibiayai oleh pemerintah, yang disepakati," papar Mahfud MD.

Dia menegaskan, proses Pemilu 2024 tidak akan terganggu, atau terhenti akibat biayanya tidak lancar. Mahfud sekali lagi memastikan semua biaya akan disediakan.

"Tadi saya hadirkan Kementerian Keuangan yakni Dirjen Anggaran, sudah menjamin sejauh prosedurnya sudah dipenuhi, ada pembaruan atau revisi DIPA, dan sebagainya, pemerintah akan segera mengeluarkan anggaran itu," jelas Mahfud

Meski demikian, lanjut Mahfud, yang sifatnya tidak pokok, misalnya pembangunan kantor, kenaikan honor, dan kenaikan jumlah PPS, masih akan didiskusikan lebih lanjut.

"Ketua KPU tadi mengatakan akan melakukan langkah-langkah penyesuaian, dengan kesepakatan itu, sehingga nanti akan bisa secepatnya diproses. Hingga saat ini belum ada pekerjaan KPU yang terhenti karena tidak ada uang. Itu belum ada. Semuanya berjalan. Karena anggaran rutinnya kan ada. Ini anggaran pemilu dalam arti nanti pemungutan suara yang perlu dipersiapkan dari sekarang," kata Mahfud.***