Penanganan Covid-19

Pemerintah Gratiskan Pembayaran Listrik selama 3 Bulan

Pemerintah Gratiskan Pembayaran Listrik selama 3 Bulan
Presiden Joko Widodo melakukan teleconference membahas Covid-19
WJtoday, Jakarta - Presiden Joko Widodo kembali mengambail kebijakan strategis untuk menangani dampak ekonomi dari mewabahnya Covid-19. 

Setelah menginstruksikan lembaga keuangan baik bank maupun nonbank, untuk memberikan keringanan cicilan kredit, kini Jokowi akan membebaskan pembayaran listrik PLN bagi pelanggan Golongan 450 VA untuk 3 bulan ke depan. 

Pembayaran listrik pada golongan ini dipilih karena memiliki pelanggan paling banyak yakni hingga 24 juta pelanggan. Selain itu, golongan keluarga miskin ini paling terdampak oleh pandemi Covid-19.

"Tentang tarif listrik, perlu saya sampaikan untuk pelanggan listrik 450 VA yang jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan akan digratiskan," ujar Jokowi dalam konferensi pers melalui virtual, Selasa (30/3/2020).

Pembebasan tarif listrik untuk golongan pelanggan 450 VA tersebut akan mulai diberlakukan untuk periode April, Mei hingga Juni 2020.

Selain menggratiskan tarif listrik untuk Golongan 450 VA, pemerintah juga memberikan relaksasi bagi pelanggan 900 VA dengan diberikan diskon tarif sebesar 50%. Kebijakan ini pun berlaku untuk periode 3 bulan ke depan.

"Sedangkan pelanggan 900 VA jumlahnya 7 juta pelanggan akan didiskon 50%. Artinya bayar separuh untuk April, Mei dan Juni 2020," tuturnya. ***