Pembudidaya Koi di Cirebon Bisa Raup Omzet hingga Rp300 Juta per Bulan

Pembudidaya Koi di Cirebon Bisa Raup Omzet hingga Rp300 Juta per Bulan
Pembudidaya ikan hias koi asal Cirebon bisa meraup omzet hingga Rp300 juta setiap bulan, dan bisnis tersebut dinilai cukup menggiurkan bila ditekuni. (ilustrasi: instagram)

WJtoday, Cirebon - Pembudidaya ikan hias koi asal Cirebon bisa meraup omzet hingga Rp300 juta setiap bulan, dan bisnis tersebut dinilai cukup menggiurkan bila ditekuni.

"Kalau untuk omzet per bulan bisa mencapai Rp300 jutaan," kata Pemilik Cirebon Koi Breeder Khaerudin Imawan di Cirebon, seperti dikutip Antara, Rabu (15/6/2022).

Khaerudin mengatakan budi daya ikan hias memang butuh ketelitian dan ketekunan, agar hasilnya baik dan bisa bernilai ekonomi tinggi.

Seperti dalam pencarian bibit, di mana lanjut Khaerudin bibit ikan hias koi yang dimilikinya langsung didatangkan dari Jepang, karena Negara tersebut memang asal mula ikan hias itu.

Ia mengaku satu bibit indukan ikan koi yang siap untuk di "breeding" harga bisa mencapai Rp15 juta, namun hasilnya dipastikan bisa menutupi modal awal.

"Kalau bibit saya datangkan langsung dari Jepang, karena di sana merupakan pusat ikan koi," ungkapnya. 

Dia mengatakan bisnis yang ia tekuni bermula dari hobinya merawat ikan hias terutama koi, setelah dipelajari ternyata budi daya ikan hias sangat menggiurkan.

Akhirnya lanjut Khaerudin, ia beranikan diri untuk membuat budi daya ikan koi, dan kini sudah merasakan omzet yang cukup banyak.

"Ini awalnya hobi, pertama saya posting ikan di media sosial, dan ternyata ada peminatnya, itu berlangsung lumayan lama, setelah itu baru saya putuskan membuat budi daya ikan koi," ujar Khaerudin.   ***