Pelatih Ungkap Alasan Persib Bandung Coret Zulham dan Fabiano

Pelatih Ungkap Alasan Persib Bandung Coret Zulham dan Fabiano
Zulham Zamrun dan Fabiano Beltrame
WJtoday, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mengatakan alasan mencoret Zulham Zamrun dan Fabiano Beltrame dari tim karena berencana ingin membangun skuat yang lebih muda.

Zulham dan Fabiano tak masuk dalam skema yang akan diterapkan baik di Piala Menpora maupun Liga 1 Indonesia 2021. Apalagi usianya sudah tergolong tua untuk seukuran pemain bola.

"Kami sudah punya rencana yang setahap demi setahap dilakukan. Kami melakukan regenerasi tim karena baik Fabiano dan Zulham sudah semakin berumur," ujar Robert Alberts, dikutip dari laman resmi klub, Sabtu.

Di sisi lain, pengumuman tak dilanjutkannya kerja sama dengan dua pemain itu dilakukan secara cepat setelah adanya izin dari kepolisian untuk menggelar turnamen pramusim. Robert ingin keduanya memiliki waktu panjang untuk mencari klub baru.

"Kami juga ingin bersikap adil kepada pemain untuk mendapat kesempatan bagi mereka mencari klub dan mereka punya waktu yang cukup untuk melakukannya," kata dia.

Robert menilai keduanya sangat profesional kala mendapati kabar tak lagi masuk dalam skuat Maung Bandung. Mereka menerima dengan ikhlas sebab dalam sepak bola profesional datang dan perginya pemain menjadi hal yang biasa.

"Pastinya juga menjadi kehormatan bagi pemain untuk bisa bekerja dengan baik untuk tim, tapi akan selalu ada waktunya untuk kami menjadikan komposisi tim jadi lebih muda," kata dia.


Fabiano yang bergabung sejak awal musim 2019 sempat memperpanjang kontraknya per 15 Februari 2020. Sedangkan Zulham yang turut mengantarkan gelar Piala Presiden 2015, bergabung kembali ke Persib sejak 4 Februari 2020.

Menariknya, Fabiano saat itu harus menunggu hingga satu musim sebelum bisa merumput bersama Supardi dan kawan-kawan. Kala itu, Maung Bandung sudah memiliki empat pemain asing dan Fabiano tengah dalam proses naturalisasi.

Setelah lama menunggu, Fabiano akhirnya kembali mencicipi Liga 1 Indonesia 2020. Ia tampil saat kontra Arema di Kanjuruhan. Sayangnya, saat laga baru berjalan tiga pertandingan PSSI terpaksa menghentikan liga karena pandemi COVID-19.

Begitupun dengan Zulham Zamrun, pemain yang pernah menjadi bagian Persib Bandung pada musim 2015, bahkan ikut mengantarkan juara Piala Presiden 2015 ini hanya tampil satu laga, yakni lawan PSS Sleman.***