Pelaku UMKM Sumedang Bangga Batik Lokal Dipakai Peserta MTQ Jabar

Pelaku UMKM Sumedang Bangga Batik Lokal Dipakai Peserta MTQ Jabar
Pengusaha batik Sumedang Nafisa Sariningsih mengungkapkan rasa bangganya karena produknya dikenakan para peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat. (ist)

WJtoday, Sumedang - Pengusaha batik Sumedang Nafisa Sariningsih mengungkapkan rasa bangganya karena produknya dikenakan para peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Alhamdulillah kami dipercaya untuk menyediakan pakaian para peserta yang dipakai saat pembukaan MTQ Jabar. Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami," tutur Nafisa kepada awak media, Senin (20/6/2022).

Untuk kegiatan tersebut, ia mendapatkan pesanan hampir 600 potong baju batik dari panitia penyelenggara MTQ, baik berupa batik tulis maupun batik cetak.

"Jumlah tersebut diperuntukkan bagi Dewan Hakim, Panitia, Kafilah Kabupaten Sumedang berikut pengiring, Gubernur dan para Kepala Daerah se-Jawa Barat, serta tamu undangan," sebutnya.

Ia pun merasa bangga karena hasil karyanya dipakai oleh para pejabat dan kafilah MTQ selama even berlangsung.

"Kami tentu merasa bangga karena produk kami dipakai oleh peserta serta undangan yang hadir sehingga bisa dilihat masyarakat Jawa Barat. Ini merupakan kesempatan promosi bagi kami," ujar Nafira.

Meskipun merupakan yang pertama kalinya terlibat dalam even besar, namun ia mengakui tidak begitu banyak menemui kesulitan selama pengerjaannya.

"Alhamdulillah sebenarnya seminggu sebelum pembukaan MTQ, semua pesanan sudah selesai dan didistribusikan. Namun masih ada susulan, terutama untuk menjahit," katanya.

Menurutnya, ia sudah melakukan persiapan sejak empat bulan lalu untuk menghadapi even tersebut mengingat sebelumnya sudah lebih dulu mendengar informasi Batik Nafira akan ditunjuk untuk kerja sama penyediaan batik ini. 

Selama proses pengerjaan, ia melibatkan 23 orang pekerja yang semuanya merupakan penduduk setempat.

"Pengerjaannya tidak hanya di workshop, tetapi juga bisa dibawa ke rumah masing-masing pekerja sambil mengerjakan pekerjaan rumah," ucapnya.

Ia pun berharap mendapat kesempatan untuk berpartisipasi kembali di even-even besar selanjutnya.

"Kami berharap UMKM lokal seperti kami dapat dilibatkan kembali pada acara-acara besar seperti ini sehingga dapat membantu meningkatkan ekonomi," pungkasnya.  ***