Pelaku UMK di Sumedang Ajukan Sertifikat Halal Meningkat

Pelaku UMK di Sumedang  Ajukan Sertifikat Halal Meningkat
Para pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) di Kabupaten Sumedang yang membuat sertifikat halal tahun 2022 ini meningkat dibandingkan tahun 2021 lalu. (ist)

WJtoday, Sumedang - Para pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) di Kabupaten Sumedang yang membuat sertifikat halal tahun 2022 ini meningkat dibandingkan tahun 2021 lalu.

Menurut pelaksana Seksi Bimas Islam Kemenag Sumedang Tedi Targuna hingga bulan Juli 2022 ini tercatat yang telah mendaftar sertifikat halal di Kabupaten Sumedang berjumlah 300-an pelaku UMK. 

"Alhamdulilah saat ini masyarakat sangat antusias dan jumlah ini jauh berbeda dibandingkan tahun 2021 lalu yang hanya 11 UMK yang mendaftar sertifikat halal," jelas Tedi dalam keterangan tertulis, Jumat (15/7/2022).

Para pendaftar sertifikat halal ini umumnya adalah pelaku UMK yang tergabung dalam Forum UMK Kabupaten Sumedang, tetapi ada juga yang perorangan. 

"Meningkatnya pelaku UMK yang membuat sertifikat halal ini karena bertambahnya pemahaman mereka tentang pentingnya sertifikat halal untuk prodak yang dibuatnya," jelasnya.

Diakuinya dengan telah mengantongi sertifikat halal maka akan menambah kepercayaan calon pembeli akan produk yang dihasilkan. 

Selain itu dengan telah mengantongi sertifikat halal juga bisa meningkatkan omset penjualan yang secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan. 

Lebih lanjut dikatakan Tedi untuk pembuatan sertifikat halal saat inipun lebih mudah karena bisa dilakukan secara online.

Bila pendaftar mengalami kesulitan bisa konsultasi dengan pihak Kemenag terkait kesulitan yang dihadapi. Pihak Kemenag sendiri terus memonitor sehingga tahu pasti berapa jumlah yang mendaftar. 

Untuk proses pembuatan setifikat halal, saat ini tidak terlalu lama yaitu sekitar 21 hari kerja setelah pendaftar menerima tanda bukti pendaftaran yang menyatakan semua persyaratan telah lengkap.  ***