PDIP Gelar Sekolah Partai secara Daring, Megawati Bekali Para Calon Kepala Daerah

PDIP Gelar Sekolah Partai secara Daring, Megawati Bekali Para Calon Kepala Daerah
PDIP Gelar Sekolah Partai secara Daring, Megawati Bekali Para Calon Kepala Daerah
WJtoday, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri membuka Sekolah Partai Angkatan I yang digelar PDIP pada Jumat (21/8/2020). 

Acara Sekolah Partai ini untuk memberikan pembekalan para calon kepala daerah yang akan maju di Pilkada Serentak 2020. Digelar secara virtual sekolah partai tersebut akan diikuti oleh 129 calon di 75 daerah Pilkada.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan sekolah calon kepala daerah dan wakil kepala daerah menjadi tradisi dan jalan ideologi partai. 

Dari sekolah ini diharapkan lahir pemimpin visioner dan mengakar pada kehendak rakyat. 

“Sekolah Partai ini tidak hanya sebagai sarana hadirnya pemimpin daerah yang ideologis, namun juga memperkuat tradisi intelektual partai," kata Hasto.

Acara dibuka pada pukul 14.00 WIB. Megawati akan menyampaikan arahannya melalui telekonferensi.

"Beliau akan memberikan pengarahan melalui telekonferensi, dan juga akan disampaikan hal-hal spesial dari putri Proklamator RI Bung Karno itu dalam memberikan materi," ujar Hasto dalam keterangannya, Jumat (21/8/2020).

Hasto menekankan pentingnya sekolah kepartaian ini terhadap calon kepala daerah. Dia menyebut sosok pemimpin pada saat pendemi ini adalah seorang semangat pantang menyerah.

"Sekolah Partai ini sangat penting, terlebih tantangan kampanye yang dihadapi calon di tengah pandemi. Saya mengulang kembali pesan Ibu Megawati, saat ini diperlukan sosok pemimpin daerah yang memiliki fighting spirit, sosok yang tidak mudah menyerah di dalam menghadapi ujian dan tantangan Covid-19," kata Hasto.

"Lazimnya semua calon termasuk petahana wajib menginap dan tidak boleh keluar dari area. Pagi ada aktivitas senam olahraga. Sekarang, meski secara virtual, Partai berharap semua peserta aktif dan tetap mengikuti semua agenda daring dengan serius. Penilaian tetap diberikan. Kepala Sekolah akan memonitor kedisiplinan peserta," jelas Hasto.

Hasto memaparkan, Sekolah Partai akan berlangsung selama lima hari dengan tetap memperhatikan pembagian waktu Indonesia bagian timur, tengah dan barat. Akan ada lima materi pokok yang akan disampaikan selama acara berlangsung.

"Wilayah Indonesia bagian barat akan diikuti 60 peserta, bagian tengah 41 peserta, dan timur 28 peserta," jelas Hasto.

Pada pembukaan Sekolah Partai, Hasto akan memimpin pengheningan cipta. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pancasila oleh Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP, Komarudin Watubun. Hasto lalu kembali memberikan kata pengantar pembukaan Sekolah Partai.

Selanjutnya, Ketua DPP Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDIP Djarot Saiful Hidayat akan memberikan laporan kegiatan acara ini.

Usai laporan kegiatan, Ketua Umum PDIP Megawati akan memberikan arahan kepada para peserta Sekolah Partai. Arahan bersifat terbuka dan tertutup untuk media.

"Pengarahan Ibu Megawati akan ada yang bersifat terbuka dan tertutup untuk media," lanjut Hasto.

Setelah acara ditutup, Hasto bersama Djarot dan Komarudin Watubun direncanakan menggelar konferensi pers secara daring.

Diketahui, PDIP telah mengumumkan rekomendasi untuk pasangan calon yang diusung PDIP di 75 daerah Pilkada 2020. Rekomendasi PDIP dilaksanakan secara virtual, Selasa (11/8) dan dihadiri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani yang langsung membacakan rekomendasi partainya dari wilayah timur ke barat Indonesia.

"Alhamdulillah pada hari ini kita masuk pada tahap ketiga pengumuman calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah. Saya akan bacakan 75 calon dari PDIP di seluruh Indonesia dari timur sampai ke barat," kata Puan saat membacakan rekomendasi.

Dari 75 pasangan calon yang diumumkan, ada nama menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution yang diusung PDIP sebagai calon wali kota Medan. Selain itu, ada pula nama keponakan Menhan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, yang diusung sebagai calon wakil wali kota Tangerang Selatan (Tangsel). Serta anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

"Kota Medan, Muhamamd Bobby Afif Nasution dengan H Aulia Rachman. Selamat bergabung di PDIP, Mas Bobby. Selamat atas kelahiran putra keduanya, semoga berkah," ujar Puan.***