PDIP Buka Peluang Koalisi, Gerindra Sebut Belum Mulai Penjajakan

PDIP Buka Peluang Koalisi, Gerindra Sebut Belum Mulai Penjajakan
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad. (Dok: DPR)

WJtoday, Jakarta - Partai Gerindra menanggapi positif PDI Perjuangan yang mengatakan  terbuka peluang untuk berkoalisi dengan Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut kalau saat ini Gerindra bersikap terbuka untuk bekerja sama dengan semua partai.

"Ya, pada dasarnya Partai Gerindra menerima dengan baik. Dari banyak partai atau beberapa partai yang kita juga mau bekerja sama dalam bersama-sama menghadapi Pemilu," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (22/6/22).

Kendati terbuka dengan semua partai, Gerindra belum memulai langkah penjajakan dengan PDIP menyusul adanya peluang untuk berkoalisi.

"Ya, ini kita ikutin mengalir saja deh. Itu namanya juga dinamika masih akan terus, dinamika politik terus berjalan dan situasi menjelang pemilu biasanya akan penuh dengan dinamika, ya, kita ikuti saja," kata Dasco.

Sebelumnya Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani memberikan tanggapan soal peluang partainya menjajaki kerja sama politik dengan partai politik lain untuk menghadapi Pemilu 2024. Termasuk PKB dan Gerindra yang tengah menjajaki komunikasi.

Puan mengatakan kalau PDIP tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan dua partai tersebut dalam Pemilu 2024.

"Ya, mungkin saja," kata Puan saat ditemui di sela-sela Rakernas kedua PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/22).

Ketua DPR RI tersebut kemudian mengingatkan soal apa yang pernah disampaikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terutama dalam membangun Indonesia yang memang tidak bisa berjalan sendiri.

Puan menyampaikan, Megawati membutuhkan kerja sama antar partai politik untuk pembangunan Indonesia ke depan.

"Ibu ketum tadi mengatakan membangun Indonesia tidak bisa sendirian, harus gotong royong," tuturnya.

Lebih lanjut, Puan juga mengutip juga pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal membangun Indonesia. Di mana, Jokowi menyebut kalau membangun Indonesia harus saling bahu membahu di antara semua pihak, termasuk antar partai politik.

"Presiden juga menyatakan seperti itu, harus bisa bantu membantu membangun Indonesia."ujarnya.***