Pastikan Nutrisi Berikut Terpenuhi Agar Tubuh tak Gampang Lemas

Pastikan Nutrisi Berikut Terpenuhi Agar Tubuh tak Gampang Lemas
Ilustrasi (depositphotos)

WJtoday, Bandung - Sering merasa lemas atau lelah? Cek lagi porsi tidur semalam atau sebenarnya ada nutrisi yang kurang bahkan hilang dari piring Anda.

Ahli gizi William W. Li mengatakan penyebab rasa lemas ada beragam tetapi kekurangan makanan bernutrisi jadi penyebab paling umum.

Dalam makalah yang diterbitkan di Nutrients pada Januari 2020 lalu disebutkan vitamin dan mineral terlibat dalam metabolisme, transportasi oksigen dan fungsi saraf. Saat pasokannya tidak cukup, Anda akan merasa lemas dan mengantuk.

Lalu, nutrisi apa saja yang perlu dipenuhi agar tidak mudah lemas dan lelah?  Berikut enam nutrisi yang perlu dipenuhi agar tidak gampang lemas dan lelah

1. Vitamin B12
Saat menu makanan Anda kekurangan vitamin B12, pembentukan sel darah merah terganggu. Li menjelaskan vitamin B12 digunakan untuk membentuk sel darah merah yang membawa oksigen ke sel-sel tubuh. Saat pasokan oksigen sedikit, tak heran tubuh jadi cepat merasa lemas.

Tubuh tidak bisa memproduksi vitamin B12 sehingga harus ada asupan makanan yang kaya vitamin B12. Sebagaimana dilansir Healthline, Anda bisa menambahkan daging sapi, telur, susu maupun produk susu seperti keju, yogurt juga ikan-ikanan berlemak pada diet harian.

2. Seng (zinc)
Zinc atau seng merupakan jenis mineal yang penting buat metabolisme. Tubuh memang memerlukannya dalam jumlah sedikit. Saat kekurangan seng, kata Li, ini kerap mengakibatkan kelelahan.

Seng berfungsi untuk mengatur adenosine triphosphate (ATP) atau sumber energi tingkat sel. Dalam makalah yang diterbitkan pada 2017, konsumsi suplemen seng membantu mencegah kelelahan pada orang yang menjalani kemoterapi.

"Makanan sehat yang mengandung seng termasuk kerang-kerangan, kacang-kacangan, lentil dan buncis," ujar Li, seperti dikutip LiveStrong.

3. Magnesium
Carolyn Dean, ahli gizi sekaligus penulis The Magnesium Miracle, menyebut rasa lelah, kram otot jadi tanda tubuh kekurangan magnesium. Mereka yang kerap berolahraga, menjaga kebugaran sangat berisiko kekurangan magnesium sebab nutrisi keluar lewat keringat.

Menurut laporan Shape, magnesium diperlukan tubuh untuk membantu mengeluarkan laktat dari otot, meningkatkan energi, menghilangkan stres, melindungi jantung dan membangun kekuatan tulang.

Li menambahkan tubuh yang kekurangan magnesium bisa mengakibatkan otot lelah dan lemah. Anda perlu mengonsumsi pangan kaya magnesium seperti, kacang mete, almond, bayam, okra dan kedelai.

4. Vitamin D
Vitamin D tengah naik daun berkat fungsinya sebagai pendukung kekebalan tubuh. Saat tubuh kekurangan vitamin D, Anda akan cenderung merasa lesu.

Anda bisa memperoleh vitamin D saat berjemur di bawah sinar matahari. Sebagaimana dilansir Healthline, tubuh akan memproduksi vitamin D dari kolesterol. Selain itu, vitamin D juga diperoleh dari makanan seperti ikan-ikanan kaya lemak (salmon, tuna, ikan kembung), juga produk susu.

Jika diet Anda kurang bisa mencukupi kebutuhan vitamin D, suplemen bisa jadi solusi. Untuk orang dewasa umumnya memerlukan 600-800 IU vitamin D per hari.

5. Zat besi (iron)
Zat besi penting digunakan untuk pembentukan hemoglobin yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sel darah merah tanpa kandungan oksigen yang cukup membuat tubuh merasa lemas. Salah satu penyebab anemia adalah kekurangan zat besi dengan gejala tubuh lemas dan kulit pucat.

Menurut Mayo Clinic, Anda bisa memenuhi kebutuhan zat besi lewat konsumsi daging merah atau unggas, makanan hasil laut, kacang-kacangan, sayuran hijau, maupun buah kering.

6. Vitamin C
Seperti vitamin D, vitamin C juga mendukung sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif, mendukung pembentukan kolagen yang penting untuk kulit, tulang dan sendi.

Vitamin ini pun penting untuk menciptakan asam amino yang digunakan untuk membangun otot yang sehat. Saat tubuh kekurangan vitamin C, Anda akan cenderung merasa lelah.

"Makanan yang mengandung vitamin C termasuk jeruk, tomat, paprika merah, jambu biji, brokoli dan kubis Brussels," sebut Li.  ***
(Sumber: CNNIndonesia)