Pangeran Saudi Dikabarkan 'Borong' Rossi Senilai Rp2,8 Triliun

Pangeran Saudi Dikabarkan 'Borong' Rossi Senilai Rp2,8 Triliun
Valentino Rossi. (twitter)

WJtoday, Bandung - Nama pebalap bintang asal Italia, Valentino Rossi jelas sosok penting di dunia balap motor. Pengaruhnya begitu besar, tak hanya di lintasan balap semata, tapi juga urusan sponsor dan bisnis.

Baru-baru ini terungkap tentang kesepakatan pria Tavullia itu dengan Pangeran Arab Saudi dengan nilai kontrak yang sangat fantasts.

Saudi disebut akan memberikan 170 juta euro (setara Rp.2.886.723.936.800,00) untuk proyek mereka, belum dikonfirmasi resmi.

Jumlah ini tidak hanya untuk menjadi sponsor balap, lebih dari itu ada bisnis lebih besar lainnya.

Berita ini dimuat oleh Paddock-GP, yang datang dari surat kabar bisnis harian Nasional Italia, Il Sole 24 Ore pada Kamis (6/8/2021), antara merek VR46 milik Valentino Rossi dan Tanal Sports and Entertainment Media, perusahaan induk dari kejaraan Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud, akan mensahkan kerja sama dengan nilai 170 juta euro.

Rinciannya, 20 juta euro untuk kegiatan balap di tiga kelas, Moto3, Moto2 dan MotoGP.

Sementara sisanya 150 jura euro akan terdiri dari pengambilalihan grup VR46. Ini termasuk antara lain; Riders Academy dan Racing Apparel, atau perusahaan yang menciptakan pakaian dan merchandising untuk banyak pembalap dan tim di dunia motorsport.

Oleh karena itu, Saudi ingin merebut seluruh kerajaan bisnis juara dunia sembilan kali itu, sembari memberikan Rossi dan kolaborator tepercayanya memainkan peran sentral di puncak.

Sebuah operasi yang bertujuan untuk meluncurkan proyek Saudi Vision 2030, inisiatif di mana Arab Saudi ingin berinvestasi dalam dunia olahraga.

Selain itu, tahun 2020 akan menjadi penting karena sebagai penentuan bagi karir Rossi di MotoGP, apakah akan tetap lanjut balapan atau akan mengurus timnya?  ***