Olahan Mudah untuk Daging Kurban: Tongseng Kambing Tanpa Santan

Olahan Mudah untuk Daging Kurban: Tongseng Kambing Tanpa Santan
Tongseng kambing tanpa santan, salah satu pilihan mudah mengolah daging kurban. (instagram)

WJtoday, Bandung - SETIAP perayaan Hari Raya Iduladha tak terlepas dari pembagian hewan kurban. Hewan yang biasanya disembelih untuk dikurbankan di Indonesia adalah kambing atau domba dan sapi.

Jika anda memperoleh daging kambing, yuk diolah menjadi tongseng kambing tanpa santan yang bisa menjadi pilihan menarik hidangan Hari Raya Kurban . Menu satu ini patut untuk dicoba.

Meski tanpa santan, rasanya tak kalah nikmat dari tongseng biasanya. Cara membuatnya pun mudah. Penasaran? cobalah buat untuk disantap bersama keluarga. Berikut resep membuat tongseng kambing tanpa santan dikutip dari Cookpad.

Bahan yang harus disipakan:
300 gr daging kambing
3-4 lembar daun kol, potong lebar
6-10 buah cabe rawit
2 batang daun bawang, rajang
1 buah tomat, potong
1 sdt kaldu bubuk
3 lembar daun salam
1 batang serai, geprek
500 ml air kaldu rebusan daging
4-6 sdm kecap manis
1 sdt gula pasir
Minyak sayur untuk menumis

Bumbu halus:
5 buah bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah kemiri, sangrai
1/2 sdt garam
1 ruas kunyit
1 ruas jahe

Cara membuat:
Cuci bersih daging. Didihkan air dalam panci, masukkan daging, rebus selama 5 menit dengan panci tertutup. Matikan kompor, diamkan selama 30 menit dengan panci tertutup. Rebus lagi selama 7 menit masih dengan panci tertutup.

Setelah itu daging dipotong sesuai selera. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun salam dan serai, aduk rata, masukkan daging yang sudah dipotong-potong, aduk rata. Masukkan air kaldu.

Lalu masukkan kaldu bubuk, gula pasir, kecap manis masak sampai kaldu mendidih dan koreksi rasa. Setelah mendidih masukkan cabai rawit utuh, kol, daun bawang dan tomat, aduk rata sebentar lalu matikan kompor. Sajikan hangat dan siap disantap dengan nasi hangat. Selamat mencoba.  ***