Nekat Umrah untuk Arwah Ratu Elizabeth II, Pria Yaman Ditangkap Polisi Arab Saudi

Nekat Umrah untuk Arwah Ratu Elizabeth II, Pria Yaman Ditangkap Polisi Arab Saudi
Pria Yaman pegang tulisan umrah untuk Ratu Elizabeth II. (twitter)

WJtoday, Jakarta - Kepolisian Arab Saudi menangkap seorang pria yang mengklaim pergi ke Mekah untuk umrah demi mendiang Ratu Elizabeth II.

Dikutip dari AFP, Rabu (14/9/2022) pria berkebangsaan Yaman tersebut mengunggah video dirinya di media sosial. Dalam video tersebut, ia memegang papan bertuliskan umrah untuk arwah Ratu Elizabeth II.

“Umrah untuk arwah Ratu Elizabeth II, kami meminta Tuhan untuk menerimanya di surga bersama orang-orang pantas lainnya,” demikian tulisan di kain tersebut.

Sebagai informasi, Arab Saudi melarang jemaah haji membawa spanduk atau meneriakkan slogan-slogan.

Meskipun melakukan umrah atas nama seorang muslim yang telah meninggal dunia diperbolehkan, namun itu tidak diperkenankan untuk seorang non-Muslim, seperti Ratu Elizabeth yang merupakan pemimpin tertinggi Gereja Inggris, gereja induk dari persekutuan Anglikan di seluruh dunia.

Pasukan Keamanan Masjidil Haram pun mengeluarkan pernyataan terkait orang tersebut.

“(Pasukan Keamanan) telah menangkap seorang warga berkebangsaan Yaman yang muncul di video yang membawa spanduk di Masjidil Haram,” demikian bunyi pengumuman resmi tersebut.

Pemimpin Kerajaan Inggris terlama sepanjang sejarah, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada hari Kamis (8/9) waktu setempat atau Jum’at (9/9) WIB.

Upacara pemakaman bersejarah di London akan dilakukan pada tanggal 19 September mendatang.***