Musda XV KNPI Jabar 2021 Diundur : Farda, Hendra dan Yusuf Lolos Sebagai Calon Ketua

Musda XV KNPI Jabar 2021 Diundur : Farda, Hendra dan Yusuf Lolos Sebagai Calon Ketua
Panitia Musda XV Pemuda/KNPI Jawa Barat mengumkan hasil rapat koordinasi pelaksanaa kegiatan

WJtoday, Bandung - Agenda Musyawarah Daerah XV Komite Nasional Pemudia Indonesia (KNPI) Jawa Barat (Jabar) tahun 2021 di Hotel Harmony, Kabupaten Garut terimbas kebijakan PPKM Darurat pulau Jawa-Bali. 

Semula, pihak panitia Musda KNPI Jabar XV akan menggelar kegiatan ini tanggal 23-25 Juli 2021. Namun, menurut Sekretaris SC Musda XV KNPI Jabar Tb Topan Lesmana, panitia Musda XV Pemuda/KNPI Jabar tahun 2021 mengundur kegiatan tersebut menjadi tanggal 12-14 Agustus 2021.

Hal tersebut, kata dia, dilakukan berdasarkan imbauan dari Satpol PP, dan hasil koordinasi bersama dengan Satgas Covid-19 Jawa Barat, Bupati Garut, Sekda, Kadispora Garut pada Selasa lalu.

Terlebih ada keputusan perpanjangan PPKM Darurat sampai dengan 25 Juli 2021, dan akan dilakukan pembukaan bertahap pada mulai tanggal 26 Juli 2021 mendatang.

"Kesanggupan Bupati Garut untuk menjadi tuan rumah Musda XV Pemuda/KNPI Jabar 2021 setelah tanggal 8 Agustus 2021," ujar Topan dalam siaran persnya, Kamis (22/7/2021).

Selanjutnya, kata dia, panitia telah melakukan verifikasi kepersertaan Musda XV Pemuda/KNPI Jabar tahun 2021. Di antaranya, sebanyak 124 OKP dinyatakan memiliki hak kepesertaan penuh pada Musda XV Pemuda/KNPI Jabar 2021, dengan syarat menyerah SK pengurus yang masih berlaku.

Adapun OKP Peninjau, kata dia, yakni yang telah dinyatakan sebagai peserta Musda pada Rapimda Pemuda/KPNI Jabar tahun 2020 harus diverifikasi kembali sebagai syarat anggota berhimpun di KNPI.

Hal tersebut, kata Topan, berdasarkan keputusan yang tertera di hasil Rapimda Pemuda/KNPI Jawa Barat tahun 2017.

Kemudian hasil Musda XIV Pemuda/KNPI Jawa Barat tahun 2017 dan hasil Rapimda Pemuda/KNPI Jabar tahun 2020. Serta, berdasarkan verifikasi OKP tingkat Jawa Barat yang dilaksanakan pada tanggal 7-9 April 2021.

Kemudian, kata dia, panitia juga merincikan para bakal calon ketua KNPI Jabar yang semula terdapat enam orang saat pengambilan formulir yakni, Ceng Farid Robbani, Hendra Guntara, Vera Hermawa, Farda Sanberra, Muhammad Lili dan Ridwansyah Yusuf Ahmad.

Akan tetapi pada tahapan berikutnya, kata dia, yakni pemeriksaan berkas bakal calon ketua KNPI Jabar dari keenam pendaftar tersebut, ada lima orang yang melampirkan rekomendasi dukungan berupa 3 rekomendasi DPD KNPI Kabupaten/Kota. Di antaranya Farda Sanberra, Hendra Guntara, Muhammad Lili, Ridwansyah Yusuf Achmad dan Vera Hermawan.

Berdasarkan Anggaran Rumah Tangga (ART) KNPI Pasal 20 Ayat 3, rekomendasi yang dilampirkan kelima pendaftar bakal calon ketua KNPI dinyatakan sah.

"Sebab, DPD KNPI Kabupaten/Kota yang jumlah wilayah administratifnya lebih dari 10 Kab/Kota hanya boleh mengeluarkan 1 rekomendari saja. Demikian juga dengan OKP Nasional yang berhimpun di KNPI hanya boleh mengeluarkan 1 rekomendasi. Maka jika rekomendasi yang dikeluarkan lebih dari satu dinyatakan gugur," bunyi pernyataan SC Musda XV Pemuda/KNPI Jabar 2021.

Sehingga berlangsung ke masa perbaikan berkas yang dimasukkan pada pendaftar untuk kemudian diverifikasi ulang dan menghasilkan 3 calon dengan memenuhi syarat perdaftaran bakal calon ketua DPD KNPI Jawa Barat.

1. Farda Sanberra

2. Hendra Guntara

3. Ridwansyah Yusuf Achmad

"Ketiganya disebut sudah memenuhi syarat pendaftaran bakal calon ketua KNPI Jawa Barat yang akan berkontestasi dalam perhelatan Musda XV Pemuda/KNPI Jawa Barat tahun 2021," katanya. ***(agn)