MotoGP Eropa 2020: Rossi Bakal Turun Balapan, Vinales Kena Penalti Start dari Pit

MotoGP Eropa 2020: Rossi Bakal Turun Balapan, Vinales Kena Penalti Start dari Pit
Tim Yamaha pastikan Rossi akan tampil di MotoGP Eropa pada Minggu (8/11/2020)
WJtoday.com - Valentino Rossi dikonfirmasi kembali ke arena balapan MotoGP Eropa yang akan digelar Minggu (8/11/2020) di Sirkuit Ricardo Tormo, setelah hasil tes Covid-19 yang ia jalani kembali negatif.

Tim Yamaha MotoGP mengonfirmasi kabar tersebut pada Jumat (6/11/2020) waktu setempat dan menyebut Rossi akan kembali untuk pertama kalinya sejak Grand Prix Prancis pada sesi FP3, Sabtu (7/11), di Sirkuit Ricardo Tormo.

"@ValeYellow46 Tes PCR kedua menunjukkan hasil negatif. Dia kembali ke kotak pit kami dan akan kembali balapan besok!" tulis Tim Yamaha MotoGP melalui kicauan di media sosial.

The Doctor sebelumnya belum bisa tampil dalam FP1 dan FP2 yang berlangsung hari ini karena menunggu uji swab tadi pagi.

Rossi diketahui bisa mengikuti rangkaian MotoGP Eropa dalam sesi FP3, FP4, dan kualifikasi. Posisi Rossi pada FP1 dan FP2 digantikan Garrett Gerloff yang berada di luar peringkat 10 besar pada FP1.

Mengutip laman MotoGP, dengan pengumuman kembalinya Rossi ini, maka debut Garrett Gerloff yang menggantikan posisi The Doctor batal.

Sementara itu rekan setim Rossi di  Yamaha Maverick Vinales dihukum start dari pit lane pada MotoGP Eropa, Minggu (8/11). Hal ini lantaran Vinales dan Yamaha memutuskan untuk memakai mesin keenam pada balapan kali ini.

Yamaha resmi memastikan telah menyediakan mesin keenam untuk Vinales pada Jumat (6/11). Penggunaan mesin ini berarti pembalap asal Spanyol itu harus menerima kenyataan memulai balapan dari pit lane sesuai hukuman yang dijatuhkan Steward MotoGP.

Setiap pebalap dapat jatah lima mesin untuk digunakan sepanjang musim MotoGP 2020. Mereka boleh menambah alokasi mesin namun ada sanksi start dari pit lane yang harus diterima.  ***