Meski PPKM Level 1, PTM di Cirebon Masih Dibatasi 50 Persen

Meski PPKM Level 1, PTM di Cirebon Masih Dibatasi 50 Persen

WJtoday, Cirebon - Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan untuk pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, masih dilakukan dengan kapasitas 50 persen, meskipun saat ini sudah masuk pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1.

"Untuk PTM masih kita batasi 50 persen dari kapasitas," kata Agus di Cirebon, Selasa (16/11/2021).

Menurut dia PTM terbatas di Kota Cirebon sampai saat ini masih dilakukan evaluasi, agar tidak ada klaster penyebaran Covid-19.

Untuk itu, kata Agus, meskipun Kota Cirebon sudah masuk PPKM level 1, namun khusus untuk PTM terbatas tidak ada perubahan aturan antara PPKM level 2 atau 1.

"Kalau untuk PTM ini masih kita lakukan evaluasi. Dan kegiatan PTM masih dilakukan seperti kondisi PPKM level 2 yaitu hanya 50 persen dari kapasitas," sebutnya.

Baca juga: Presiden Minta PTM Diawasi Secara Ketat

Agus mengutarakan, kegiatan PTM di Kota Cirebon akan dilakukan evaluasi terus, agar pada masa pandemi Covid-19 ini tidak menjadi klaster baru.

Untuk itu lanjut Agus, saat ini Pemerintah Kota Cirebon sedang melakukan pelacakan dengan cara tes usap secara acak, kepada semua satuan pendidikan.

Diungkapkannya, pada periode kedua tes usap pihaknya menyasar 30 sekolah dari berbagai jenjang, dengan mengambil sampel 10 persen dari jumlah siswa.

Dia menambahkan, jika nantinya ketika hasil tes usap itu di bawah 1 persen, maka PTM akan terus dilanjutkan, namun apabila di atas 5 persen tentunya PTM akan kembali ditutup.

"Kita juga sedang melakukan tracing di masing-masing jenjang pendidikan 10 persen. Dan semoga bisa terkendali di bawah 1 persen, kalau sampai 5 persen, maka akan kita tutup," pungkasnya.  ***