Meski Kasus Covid-19 RI Melandai, Masyarakat Diimbau Tetap Booster

Meski Kasus Covid-19 RI Melandai, Masyarakat Diimbau Tetap Booster
ilustrasi Vaksinasi Covid-19. (WJtoday)

WJtoday, Jakarta - Masyarakat diimbau agar tetap melakukan vaksinasi khususnya booster, walaupun saat ini kasus covid-19 berada di bawah 1.000 kasus per harinya. Melandainya jumlah kasus Covid-19, tidak menurunkan tekad Kementerian Kesehatan terus menggencarkan vaksinasi Covid-19. 

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat, untuk tetap melakukan vaksinasi dosis lengkap dan booster Covid-19. 

Sebab manfaat vaksin secara ilmiah memang dapat meningkatkan antibodi seseorang. Sehingga dapat melindungi diri dan orang lain, khususnya orang tua.

 "Untuk yang belum booster saran saya terus dilanjutkan, karena itu memberikan proteksi yang baik untuk kita, sasaran yang dibooster terbukti secara ilmiah kadar antibodinya jauh lebih tinggi dibandingkan yang belum dibooster," ujar Menkes Budi dalam laman resmi Kemenkes, dikutip Senin (30/5/2022)

Lebih lanjut, ia juga menyinggung soal pelonggaran, di mana diperbolehkan lepas masker. Menurutnya hak itu bagi mereka kondisi tubuhnya sehat. 

Sementara bagi lansia, orang memiliki penyakit penyerta dan orang sakit flu dengan gejala batuk dan pilek, diminta tetap memakai masker. Kebijakan lepas masker tersebut, dipantau hingga pertengahan Juni.

"Kita masih menunggu sampai pertengahan Juni, karena biasanya kenaikan itu terjadi 30-35 hari sesudah pemberlakuan kebijakan ini. Kalau memang kasusnya relatif lebih baik, kita juga akan lakukan sero survei sekali lagi di bulan Juni, kalau hasilnya baik mudah-mudahan bisa secara bertahap kita lakukan relaksasi,” pungkas Budi.***