EURO 2020

Meski Kalah 0-1 dari Italia, Wales Lolos ke Babak 16 Besar

Meski Kalah 0-1 dari Italia, Wales Lolos ke Babak 16 Besar
Italia pastikan juara grup A Euro 2020 usai kalahkan Wales 1-0, Senin (21/6/2021) dini hari./ (twitter)

WJtoday, Bandung - TIMNAS Italia memastikan diri menjuarai grup A Euro 2020 usai mengalahkan Wales 1-0 pada laga di Stadio di Olimpico Roma, yang usai pada Senin (21/6/2021) dini hari. Meski kalah Wales menempati posisi kedua di klasemen akhir, dan berhak mendampingi Italia ke babak berikut.

Roberto Mancini memutuskan melakukan rotasi besar-besaran di laga lawan Wales. Hanya Gianluigi Donnarumma, Leonardo Bonucci, dan Jorginho yang kembali turun bermain di laga ini.

Mancini memilih mengistirahatkan sejumlah pemain inti sekaligus memberikan kesempatan bermain bagi pemain lainnya termasuk Marco Verratti.

Meski menguasai penguasaan bola sejak awal babak pertama, Italia tak terlalu bernafsu memforsir penyerangan. Dominasi Italia terhadap permainan akhirnya membuahkan hasil di menit ke-39. 

Berawal dari skema tendangan bebas, Verratti mengirim umpan kepada Matteo Pessina. Pessina menyelesaikan umpan tersebut dengan baik dan berbuah gol, 1-0 untuk Italia.

babak kedua menampilkan jalan laga seperti babak pertama, Wales pun tak memforsir penyerangan, malah mereka kehilangan Ethan Ampadu di menit ke-55 karena kartu merah.

Meski unggul jumlah pemain, namun Italia tak mampu menambah gol. Kedudukan 1-0 berakhir hingga akhir pertandingan.

Pada laga lain yang dilangsungkan bersamaan, Swiss mengalahkan Turki 3-1 melalui gol Haris Sefirovic di menit ke-6 dan dua gol dari Sherdan Xhakiri di menit ke-26 dan menit ke-68. Satu-satunya gol Turki dibuat oleh Irfan Kahveci di menit ke-62.

Meski menang, Swiss hanya berada di urutan ketiga, karena kalah selisih gol Wales meski sama-sama mengoleksi poin 4. Gareth Bale dkk memiliki selisih gol 1, sedangkan Swiss selisih golnya minus 1.  ***

Klasemen akhir Grup A