Menpora Izinkan Kick Off Liga 1 pada 27 Agustus

Menpora Izinkan Kick Off Liga 1 pada 27 Agustus
Ilustrasi (pam)

WJtoday, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut Liga 1 2021/2022 rencananya akan digulirkan pada 27 Agustus.

Menpora juga mengungkapkan, pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi bersama PSSI, LIB, Kepolisian, dan BNPB untuk membahas masa depan kompetisi sepak bola Indonesia.

"Memang waktu itu sudah menjadi kesepakatan bahwa liga akan segera digulirkan dengan pemaparan PSSI dan LIB. Banyak masukan catatan tapi disimpulkan bahwa semua setuju tidak ad ayang keberatan dengan penyelenggaraan liga. Tinggal penentuan tanggal," kata Zainudin dalam konferensi pers virtual, Senin (9/8/2021).

Dia mengungkapkan, setelah diskusi dengan BNPB, disepakati Liga 1 dan Liga 2 bisa dimulai setelah melihat penurunan yang signifiikan dan pemberlakukan PPKM secara Mikro.

"Diperkirakan dan disepakati bahwa itu akan dimulai tgl 27 Agustus dan sudah dikomunikasikan kepada PSSI dan mereka tidak keberatan dengan apa yang kita putuskan itu sehingga secara teknis mereka akan segera mempersiapkan," jelas Zainudin.

Ditambahkannya, PSSI dan LIB akan segera menentukan penyelenggaraan pembukaan di tempat yang sudah ditetapkan dalam PPKM Level rendah penyebaran Covid.

"Tapi untuk kepastian ke pemain klub masyarakat sudah ada tanggal (27 Agustus), saya umumkan atas persetujuan pihak terkait," sebutnya.

Kick off Liga 1 sering kali mengalami penundaan karena lonjakan penyebaran Covid-19 yang terjadi di Indonesia. Sebelumnya, PSSI juga mengumumkan rencana kick off pada 20 Agustus.

Sementara terkait format kompetisi, LIB memastikan Liga 1 musim 2021/2022 masih memakai sistem liga penuh dengan enam seri dan dilaksanakan memakai tiga klaster di Pulau Jawa.  ***