Kebakaran Lapas Tangerang

Menkumham: Instalasi Listrik Lapas Tidak Diperbaiki Selama 42 Tahun

Menkumham: Instalasi Listrik Lapas Tidak Diperbaiki Selama 42 Tahun
Sebanyak 41 warga binaan tewas akibat kebakaran yang membakar Blok C 2 Lapas Dewasa Tangerang Klas 1 A pada pukul 01.45 WIB Rabu dini hari. (Antara/Muhammad Iqbal)

WJtoday, Tanggerang - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan Lapas Kelas 1 Tangerang yang terbakar dibangun pada tahun 1972. Lapas itu hingga saat ini belum mengalami perbaikan pada instalasi kelistrikannya.

Namun demikian, kata Yasonna, tim Puslabfor Polri dan Dirkrimum Polda Metro Jaya sedang meneliti sebab musabab kebakaran tersebut.

"Ada penambahan daya tapi instalasi listrik masih tetap. Nah dugaan sementara seperti disampaikan pak Kapolda  tadi adalah karena pesoalan listrik arus pendek," lanjut Yasonna.

Sebelumnya Polda Metro Jaya menduga penyebab kebakaran pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, pada Rabu dini hari yang menewaskan 41 warga binaan di lokasi itu akibat hubungan arus pendek listrik atau korsleting.

"Berdasarkan pengamatan awal patut diduga karena terjadi hubungan pendek arus listrik, nanti akan didalami lagi," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten. ***