Menkes: Wabah seperti Pandemi Covid-19 Akan Muncul Lagi di Masa Depan

Menkes: Wabah seperti Pandemi Covid-19 Akan Muncul Lagi di Masa Depan
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Humas Setkab)

WJtoday, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan Indonesia perlu meningkatkan sistem ketahanan kesehatan karena bahwa wabah seperti pandemi Covid-19 saat ini mungkin akan muncul lagi di masa depan.

Budi mengatakan virus Sars-Cov 2 penyebab Covid-19 muncul setelah virus Sars-Cov 1 penyebab sindrom pernapasan akut yang parah yang muncul tahun 2003 lalu.

"Virus ini SARS-CoV-2, artinya ada nomor 1 keluar di China tahun 2002 dan 2003. Pada 17 tahun kemudian (2019) ada SARS-CoV-2 keluar. Nggak ada yang jamin SARS-CoV-3, SARS-CoV-4 nggak akan muncul, mungkin muncul di zaman kita, anak atau cucu kita. Tugas kita mempersiapkannya," kata Budi dalam jumpa pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2022, Senin (16/8/2021).

Dia juga menyebut masyarakat kemungkinan akan hidup bersama Covid-19 hingga 5-10 tahun lagi, sebab virus sulit untuk dihilangkan namun bisa dikendalikan dengan protokol kesehatan dan vaksinasi.

“Pandemi ini tidak akan hilang dengan cepat. Mungkin akan berubah menjadi epidemi dan kita masih hidup dengan mereka selama bisa lima tahun, bisa 10 tahun, bisa juga lebih lama dari itu,” ucapnya.

Dalam satu tahun ke depan, Budi berjanji pemerintah akan fokus lebih kuat mengendalikan pandemi sehingga sistem kesehatan tidak kolaps dengan melakukan 3T, 3M, dan Vaksinasi Covid-19.

"Kita harus melakukan perubahan perilaku atau protokol kesehatan sering juga disebut 3M. Kita juga strategi yang kedua, harus melakukan deteksi dengan baik yaitu testing, lacak, dan isolasi,” tegasnya.***