Mendagri Tunjuk Dani Ramdan sebagai Penjabat Bupati Bekasi

Mendagri Tunjuk Dani Ramdan sebagai Penjabat Bupati Bekasi
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat Dani Ramdan usai menerima arahan dari Mendagri Tito Karnavian, Rabu Sore (22/7/2021)

WJtoday, Bandung - Menteri Dalam Negeri telah menetapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat Dani Ramdan  sebagai Penjabat Bupati Kabupaten Bekasi.

Penunjukan itu tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.32-1374 Tahun 2021 tanggal 21 Jul 2021 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Bekasi Provinsi Jawa Barat,  yang salinannya diterima redaksi WJtoday hari ini, 21 Juli 2021.

Berdasarkan salinan tersebut Menteri Dalam negeri telah meminta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk melantik Dr. H. Dani Ramdan, MT sebagai Penjabat Bupati Bekasi.

Dani bakal melanjutkan tugas Bupati Eka Supria Atmaja yang wafat pekan lalu akibat covid-19. Diketahui Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bakal melakukan pelantikan kepada Penjabat Bupati Bekasi pada Kamis (22/7/2021). 

 "Berdasarkan jadwal, maka pelantikan Penjabat Bupati Bekasi bakal dilakukan esok hari,” kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan pada Biro Pemerintahan dan Kerjasama Sekretariat Daerah Jawa Barat, Moch Imam Yunizar, Rabu (21/7/2021). 

Menurut dia, jika Dani langsung dilantik, maka sudah bisa langsung bekerja untuk memimpin Kabupaten Bekasi. Bahkan, pelantikannya nanti juga akan disiarkan secara virtual. 

"Kalau sudah dilantik, beliau sudah bisa bekerja. Nanti disiarkan di Humas Jabar ada Youtubenya. Kalau sudah dilantik dia langsung bisa bekerja di Bekasi,” ucapnya. 

Meski menjabat sebagai Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan nantinya juga tetap menduduki jabatan sebagai Kepala BPBD Jawa Barat. Dani Ramdan akan menduduki jabatan Penjabat Bupati Bekasi selama setahun jika memungkinkan bakal dilakukan perpanjangan oleh Gubernur Jawa Barat oleh Ridwan Kamil.

Berdasarkan informasi yang diterima rencananya pelantikan akan dilaksanakan besok Kamis 22 Juli di Gedung Sate Bandung.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Jawa Barat, Dani Ramdan mengaku bersyukur atas rencana diangkatnya beliau menjadi Penjabat Bupati Bekasi. 

Menurut informasi yang dia dapat, pelantikan dirinya akan dilakukan esok hari. 

"Info dari protokol besok, tapi jamnya belum. Jadi pelantikannya full virtual, jadi Pak Gubernur di Rumah Dinas Pakuan, saya di kantor saya di BPBD,” katanya. 

Setelah dilantik, Dani berjanji langsung bertugas di Kabupaten Bekasi untuk membenahi persoalan yang terjadi di wilayah tersebut. 

"Kalau dilantiknya masih siang, berarti saya sudah langsung bisa ke Bekasi, kalau terlalu sore berarti Jumat saya ke Bekasi. Saya tunggu arahan dari Pak Gubenur dulu,” tuturnya.

Mengenal Sosok Dani Ramdan

Dani Ramdan lahir di Garut 1 Desember 1970, Anak pertama dari empat bersaudara dididik dan dibesarkan oleh ayah seorang guru dan ibu wirausaha.

Sebelum mengemban jabatan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Jabar Dani lebih banyak bekerja dari balik meja.

Berbagai jabatan strategis dilingkungan pemerintah provinsi telah diemban Dani. Mulai dari konseptor, staf khusus, sekpri gubernur hingga Kepala Badan

Pada Tahun 2020 Dani diberi tanggungjawab oleh Gubernur Jawa Barat sebagai Kepala BPBD.

Jabatan ini termasuk tugas berat mengingat kondisi pandemi covid 19 dimana posisi kepala BPBD punya fungsi strategis dalam mengatasi

Awal karir Dani setelah sebelumnya berada di lingkaran gubernur adalah di Bappeda Jabar. Cukup lama di kedinasan ini Dani kemudian diangkat menjadi salah satu kepala bidang.

Usai itu Dani sempat duduk di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar, Biro Organisasi, Dispora, kemudian menjadi Kepala Biro Pemerintahan. Namun, semua jabatan yang diemban memang lebih banyak menyiapkan konsep untuk dieksekusi kedinasan lain.

Ketika akan berpindah jabatan dari Biro Pemerintahan, Dani menceritakan, saat itu Gubernur Ridwan Kamil memberikan tiga opsi. Satu sebagai Kepala BPBD dan dua di antaranya masih kembali menjadi kepala badan yang berhunungan dengan konsep.

Dari pilihan tersebut, Dani menjatuhkan pilihannya untuk memimpin di BPBD Jabar. Meski tidak banyak pengalaman di bidang ini, tapi dia ternyata memiliki ilmu di luar pekerjaannya sebagai pegawai negeri sipil (PNS), dengan berkecimpung di Palang Merah Indonesia (PMI) Jabar.

Di lembaga tersebut, Dani sudah ikut serta selama delapan tahun. Meski bukan bekerja di bagian lapangan dan menjadi orang yang melakukan penyaringan dan pendidikan relawan, hal tersebut dirasa cukup memantapkan pilihannya di BPBD.

Dr. H. Dani Ramdan, MT juga sempat dikukuhkan menjadi Penjabat Sementara Bupati Pangandaran oleh Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil, pada 25 September 2020.

Banyak prestasi telah ditorehkan seorang Dani Ramdan selama mengabdi di Pemerintahan Provinsi Jawa Barat salah satunya menjadi salah tokoh kunci kesuksesan Pekan Nasional (PON) XIX dan Pekan Paralympic Nasional (PEPARNAS) XV Jabar Tahun 2016 serta penyelenggaraan  lima cabang olahraga Asian Games di Jabar Tahun 2018.

Tak hanya itu ketika menjadi Pjs. Bupati Pangandaran, Kabupaten Pangandaran meraih capaian  angka partisipasi pemilih tertinggi di Jabar dalam penyelenggaraan Pilkada, serta capaian tertinggi dari aspek dan meraih predikat hasil/result pada manajemen penanggulangan Covid-19 tahun 2020 menurut penilaian Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa barat

Dengan segudang prestasi dan pengalamannya semasa berkarir di  pemerintahan Provinsi Jawa Barat Dani Ramdan mempunyai modal kuat untuk bisa mengemban amanah melayani masyarakat, mengabdi dan dapat berbuat yang lebih baik lagi di daerah Bekasi.*** (Red)