Menang 2-1 di Kandang Arema, Persib Puncaki Klasemen Sementara

 Menang 2-1 di Kandang Arema, Persib Puncaki Klasemen Sementara
Persib berhasil mengalahkan Arema FC dengan skor 2-1 di Stadion Kanjuruhan, Minggu (8/3/2020)
WJtoday, Bandung - Tim Persib Bandung meraih kemenangan keduanya di awal kompetisi Liga 1 2020 setelah menundukkan Arema FC 2-1 pada laga Pekan 2 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (8/3/2020) sore.

Laga super big match kali ini berjalan sengit. Kedua tim memeragakan permainan menyerang untuk mencetak skor. Laga pun berlangsung cukup keras dengan dikeluarkannya 7 kartu kuning untuk kedua tim. Tiga gol yang tercipta pun terjadi karena adanya pelanggaran dan pemainan keras dari kedua tim.

Maung Bandung sebenarnya bisa unggul lebih dulu pada menit 23, ketika mendapatkan hasil penalti karena In Kyun Oh melakukan pelanggaran. Sayang eksekusi yang dilakukan Geoffrey Castillion gagal menembus gawang Singo Edan yang dikawal Teguh Amirudin.

Persib baru bisa membuka skor setelah laga berlangsung 41 menit. Gol dihasilkan lewat bunuh diri bek Arema Syaeful Indra Cahya. Skor 0-1 hampir saja bertahan hingga laga Babak I usai.  Namun saat laga memasuki masa injury time, giliran kapten Persib yang melakukan pelanggaran dan menghasilkan tendangan penalti untuk tuan rumah pada menit 45+3. Striker Arema, Elias Alderete sukses menundukkan kiper Persib, Teja Paku Alam. Skor pun berubah menjadi 1-1 yang menutup Babak I.

Wander luiz arema rivan
Wander Luiz mendapat kawalan ketat dari pemain Arema FC pada laga Pekan 2 Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (8/3/2020) sore. Pada laga yang berakhir dengan skor 1-2 tersebut, Luis mencetak gol kemenangan Persib Bandung melalui tendangan penaltinya pada menit 77. (foto: persib.co.id)

Memasuki Babak II, kedua tim pun langsung saling tukar serangan. Untuk memperkuat pasukannya, kedua pelatih melakukan pergantian pemain. Di kubu tuan rumah, Pelatih Mario Gomez mengganti Feby Eka Putra oleh Muhammad Rafli pada 60 dan Matias Alvino Gomez oleh Hanif Sjahbandi menit 73. Sedangkan Pelatih Persib Robert Rene Albert menarik Kim Jeffrey Kurniawan digantikan Dedi Kusnandar menit 54, dan Febri Haryadi menggantikan Frets Butuan menit 73.

Memasuki pertengahan Babak II, drama penalti kembali terjadi. Lagi-lagi, Syaeful Indra Cahya melakukan kesalahan. Kali ini, Syaeful menjatuhkan Dedi Kusnandar di bibir kotak penalti. Hadiah penalti ini tak disia-siakan Wander Luis yang malaksanakan tugasnya dengan baik pada menit 77. Bola sepakannya yang meluncur kencang ke kanan gawang tak mampu diantisipasi kiper Teguh. Skor pun berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan tim tamu Persib. Gol ke gawang Arema ini pun mengantarkan Luiz menjadi top skorer sementara Liga 1 2020 dengan koleksi 3 gol. 

Beberapa menit jelang laga berakhir, kedua pelatih kembali melakukan pergantian pemain. Gomez mengganti Alderete dengan Jonathan Bauman untuk mempertajam serangan Arema. Sementara Robert Alberts menarik Supardi dan digantikan oleh Fabiano Beltrame untuk memperkokoh lini pertahanan Maung Bandung.

Di menit-menit akhir laga tersebut, Arema pun terus mengempur pertahanan Persib. Namun kokohnya barisan belakang Maung Bandung membuat laga berakhir dengan skor tetap 2-1 untuk kemenangan Persib.

Dengan kemenangan di Kanjuruhan ini, membuat Persib mengemas hasil sempurna di 2 laga awal ini, dengan koleksi 6 poin. Persib pun jadi tim pertama yang mampu memenangkan 2 laga beruntun tanpa menekan kekalahan. Kemenangan ini pun sekaligus membahas kekalahan Persib ketika musim lalu dibantai 5-1 di tempat yang sama. 

Hasil manis di 2 awal laga ini pun menempatkan Persib di puncak klasemen sementara pekan kedua Liga 1 2020, dengan poin 6 meyalip 3 tim lainnya, PSM Makassar, Bali United, dan Madura United. Sedangkan bagi Arema, kekalahan ini membuat mereka tertahan di posisi 7 klasemen sementara, atau turun 2 peringkat karena kalah produktivitas gol oleh Borneo FC dan Persija Jakarta.  Posisi Persib di puncak klasemen bisa saja dikudeta oleh Madura United jika bisa menang pada laga kandang menjamu Persiraja Banda Aceh, Senin (9/3/2020) besok.

Susunan Pemain
Arema FC
Teguh Amirudin; Johan A Farizi, Saiful Indra Cahya, Bagas Adi Nugroho, Matias Alvino Gomez/Hanif Sjahbandi (73); Hendro Siswanto, Oh In kyun; Dendi Santoso, Kushedya Hari Yudo, Feby Eka Putra /Muhammad Rafli (60), Elias Alderete/Jonathan Bauman (78).
Pelatih: Mario Gomez

Persib Bandung
Teja Paku Alam; Supardi Nasir/Fabiano Beltrame (89), Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus; Omid Nazari, Kim Jeffrey Kurniawan/Dedi Kusnandar (54), Esteban Vizcarra; Frets Butuan/Febri Haryadi (73), Wander Luiz, Geoffrey Castillion
Pelatih: Robert Rene Alberts. (*)