EURO 2020

Menang 2-1 atas Belgia, Italia Jumpa Spanyol di Semi Final

Menang 2-1 atas Belgia, Italia Jumpa Spanyol di Semi Final
Timnas Italia berhasil melaju ke semi final Euro 2020 usai kalahkan Belgia 2-1 di Allianz Arena Munich, Sabtu (3/7/2020) dini hari WIB. (ap)

WJtoday, Bandung - TIMNAS Italia berhasil menghentikan perlawanan Belgia dengan skor 2-1 pada laga perempat final Euro 2020, yang digelar di Allianz Arena Munich, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB. Ketiga gol dalam pertandingan ini dicetak pada babak pertama.

Belgia dan Italia sama-sama berusaha memegang kendali permainan di awal. Dalam sebuah skema tendangan bebas di menit ke-13, Leonardo Bonucci bisa mengirim bola masuk ke dalam gawang. Namun setelah pantauan VAR dilakukan, wasit Slavko Vincic memutuskan gol tersebut tidak sah lantaran offside.

memainkan operan pendek dan memanfaatkan sisi lapangan, Italia akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-31. Dalam sebuah kemelut, Marco Verratti berhasil merebut bola di daerah pertahanan Belgia lantaran kesalahan Jan Vertonghen.

Verratti lalu menyodorkan bola pada Nicolo Barella. Dalam kepungan pemain-pemain Belgia, Barella berhasil berkelit dan melepaskan tembakan ke arah tiang jauh yang tak bisa dijangkau Courtois.

Setelah memimpin, Italia berusaha menjaga ritme dan menutup ruang agar Belgia tak bisa berkembang. Gli Azzurri sukses unggul dalam penguasaan bola dan mempersempit ruang gerak De Bruyne dan kawan-kawan.

Baca juga: Spanyol Singkirkan Swiss Lewat Adu Penalti 3-1 (1-1)

Pada menit ke-44, Italia sukses menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat Lorenzo Insigne. Insigne melakukan penetrasi dan melepaskan tembakan terarah ke pojok kiri gawang yang tak bisa dijangkau Courtois.

Di akhir babak pertama, Belgia mendapat penalti setelah Jeremy Doku dilanggar Giovanni Di Lorenzo. Lukaku sukses melakukan tugasnya dengan baik dengan mengecoh Donnarumma. Belgia sukses memperkecil skor menjadi 1-2.

Pada babak kedua,Belgia lebih terbuka meningkatkan serangan dan coba menguasai lapangan tengah. Alhasil mereka mampu membuat beberapa peluang, namun tak satupun berbuah gol. 

Demikian pula Italia, meski mencoba menyerang menambah keunggulan, tapi mereka lebih fokus disiplin menjaga pertahanan mempertahanka keunggulan. Skor 2-1 untuk Italia bertahan hingga laga usai.

Pada babak semi final Italia akan ditantang Tim Matador Spanyol, yang pada laga sebelumnya di St Petersburg Rusia, dengan susah payah menyingkirkan Swiss lewat adu penalti 3-1, usai bermain imbang 1-1 hingga babak tambahan.  ***