Megawati-Prabowo di Pilpres 2024, Tjahjo: Tunggu Tanggal Mainnya

Megawati-Prabowo di Pilpres 2024,  Tjahjo: Tunggu Tanggal Mainnya

WJtoday, Jakarta -  Politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tjahjo Kumolo tak ingin berandai-andai terkait pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung partainya pada Pemilihan Presiden 2024.

Mantan Sekjen PDIP ini meminta publik bersabar menunggu waktu PDIP memutuskan dan mengumumkan hal tersebut.

"Enggak bisa berandai-andai. Tunggu tanggal mainnya saja," kata Tjahjo kepada wartawan di  Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Ditambahkannya,  berdasarkan undang-undang dinyatakan pengajuan pasangan capres-cawapres merupakan hak dan kewenangan partai politik atau gabungan parpol.

Dia pun tak mempermasalahkan bila ada kader PDIP yang bermanuver mencari popularitas jelang Pilpres 2024. Pasalnya, menurutnya, keputusan mengusung pasangan capres-cawapres nantinya ditentukan oleh parpol.

"Pengajuan paslon itu kan, sesuai undang-undang adalah hak dan kewenangan parpol atau gabungan parpol. Lihat undang-undang masih begitu, sekarang orang mau malang-melintang, mau jadi popoler, kuncinya nanti didukung parpol atau gabungan parpol atau tidak, karena ini adalah domain parpol untuk menentukan siapa capres," terang Tjahjo.

Baca juga: Gerindra Sebut Siap Duetkan Kembali Mega-Prabowo di Pilpres 2024

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan duet Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto bisa saja kembali terjadi pada Pilpres 2024 mendatang.

Habiburokhman mengatakan bahwa semua opsi pasangan calon presiden dan wakil presiden yang bakal diusung partainya masih terbuka.

"Saya pikir semua opsi masih terbuka, usulan dari masyarakat kita tampung, kita pikirkan," katanya.

Seperti diketahui, duet Megawati-Prabowo merupakan pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2009. Namun saat itu pasangan ini hanya mendapat 26,79 persen suara  kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono yang memperoleh 60,8 persen suara.  ***