Max Verstappen Juara di GP Belanda, Kembali ke Puncak Klasemen

Max Verstappen Juara di GP Belanda, Kembali ke Puncak Klasemen
Max Verstappen. (twitter)

WJtoday, Bandung - Pebalap tuan rumah Max Verstappen kembali ke puncak klasemen pebalap Formula 1 setelah mengalahkan rival utamanya Lewis Hamilton demi mengklaim kemenangan Grand Prix Belanda di Sirkuit Zandvoort, Minggu (5/9/2021).

Verstappen dan Hamilton mengawali balapan seri ke-13 dalam kalender itu dari baris terdepan setelah sang pebalap Red Bull mengklaim pole position.

Beruntung, kedua pebalap tak mengulangi insiden Silverstone di mana mereka terlibat senggolan ketika saling berebut posisi di lap pertama lomba.

Verstappen cukup dominan menjalani balapan 72 putaran itu tanpa tersalip lawannya, kecuali ketika pitstop, hingga melintasi garis finis 20,9 detik di depan Hamilton dengan disambut riuh puluhan ribu Orange Army yang memenuhi tribun Sirkuit Zandvoort, yang kembali menjadi tuan rumah balapan setelah 36 tahun, demikian laman resmi Formula 1.

Hamilton, tak mampu menandingi kecepatan sang pebalap Red Bull, membawa satu poin tambahan untuk lap tercepat berkat berganti ban soft di pengujung lomba, sedangkan Valtteri Bottas melengkapi podium untuk Mercedes di peringkat tiga.

Verstappen menjadi satu-satunya pebalap Belanda yang memenangi balapan di kampung halamannya, dan dengan 25 poin ia mengubah defisit tiga poin di klasemen menjadi keunggulan tiga poin sebagai pemuncak klasemen baru menggeser Hamilton ke peringkat dua.

Bottas menempati peringkat tiga dengan jarak lebih dari 100 poin dari pemuncak klasemen.

"Seperti yang bisa Anda dengar, ini luar biasa. Ekspektasinya tinggi menuju akhir pekan ini, saya sangat senang bisa menang di sini. Ini hari yang luar biasa, seluruh penontonnya luar biasa," kata Verstappen.  ***

Klasemen Pebalap Sementara 10 Besar F1 2021