Masa Depan Generasi Muda Bergantung pada Negara

Masa Depan Generasi Muda Bergantung pada Negara
ilustrasi./instagram

WJtoday, Jakarta - Menteri Keuangan Republik Indonesia (Menkeu RI) Sri Mulyani Indrawati mengatakan nasib generasi muda akan sangat ditentukan oleh upaya yang dilakukan sebuah negara untuk bisa terus berkembang menjadi negara yang makin baik dan makin maju.

Menurut dirinya kemajuan suatu bangsa memiliki banyak indikator, terutama dilihat dari capaian pembangunan seperti pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, gini ratio atau rasio kesenjangan, pengangguran dan lain sebagainya.

"Maju dari sisi pendapatannya, maju dari aspek fisik apakah sudah terbangun jalan raya, jalan tol, sistem transportasi. Apakah rakyatnya sudah terakses internet dan listrik, bisa mengakses sekolah dan kesehatan," kata Ani sapaan akrab dirinya dalam pembukaan Olimpiade APBN secara virtual, Minggu (12/9/2021).

Bak dua sisi yang saling berkaitan, menurut Ani, generasi muda merupakan kunci utama untuk menentukan nasib sebuah negara di masa mendatang. Ia bilang generasi muda memiliki motivasi yang sangat kuat, ambisi serta cita-cita yang sangat menyala untuk maju bersama, bukan hanya untuk dirinya sendiri dalam menggapai suatu masa depan suatu bangsa yang lebih baik.

"Kemajuan suatu bangsa sudah pasti selalu terikat dan ditentukan kualitas manusianya," ujar dia.

Salah satu upaya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk meningkatkan kualitas generasi muda yakni dengan mengajaknya mengenali dan memahami instrumen keuangan berupa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini berharap dengan begitu generasi muda bisa menjelaskan lebih lanjut pada masyarakat umum mengenai pentingnya APBN sebagai instrumen yang sangat penting dalam mengelola sebuah negara.

"Mereka bisa menjadi duta yang bisa menjelaskan tentang APBN kepada masyarakat, teman-teman, saudaranya melalui berbagai media yang mereka miliki. Makin banyak yang paham APBN, Anda makin tahun 'oh ini uang APBN dipakai untuk banyak sekali'," jelas Ani.***