Marak Banner Ucapan Selamat atas Kemenangan Greysia/Apriyani dari Politisi, Ini Kata Pengamat

Marak Banner Ucapan Selamat atas Kemenangan Greysia/Apriyani dari Politisi, Ini Kata Pengamat

WJtoday, Jakarta - Kemenangan pasangan ganda putri Indonesia Greysia Polii dan Apriyani Rahayu pada cabang olahraga badminton Olimpiade Tokyo 2020 dijadikan objek sorotan sejumlah politisi.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin mengatakan para politisi tak seharusnya hanya memanfaatkan momentum saat atlet meraih prestasi.

“Politisi jangan hanya mendompleng ketika mereka berprestasi, membanggakan di tingkat dunia, tetapi ketika mereka sulit juga harus dibantu,” kata Ujang, Senin (2/8/2021).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review itu menambahkan, tidak ada larangan bagi siapa pun untuk memberikan ucapan selamat kepada para pemenang olimpiade. Bahkan, hal ini dinilainya juga dapat menjadi dukungan emosional bagi para atlet tersebut.

Namun, ia menilai, maraknya poster ataupun banner dari politisi yang menyampaikan selamat kepada Greysia dan Apriyani juga dapat dinilai sebagai wujud mendompleng atau memanfaatkan momentum untuk kepentingan tertentu.

“Di politik itu ada istilah momentum, jadi mereka itu, momentum kemenangan pasangan ganda putri tersebut di Olimpiade Tokyo itu didompleng atau ditunggangi untuk membangun sebuah pencitraan positif bagi politisi itu,” ucap dia.

Pasalnya, prestasi Greysia dan Apriyani saat ini tengah menjadi sorotan seluruh warga Indonesia, bahkan dunia.

Ia pun berharap, ucapan yang ada jangan hanya digunakan sebagai alat untuk mendompleng dan menaikan pencitraan diri semata.

Apalagi, menurut dia, jarang sekali ada politisi yang membantu atlet saat dalam keadaan susah.

“Oleh karena itu, mereka yang mengucapkan apresiasi itu kita dorong untuk membantu juga secara materil,” ujar dia.***