EURO 2020

Mancini Akan Sajikan Sepakbola 'Menghibur' di Final Euro 2020

Mancini Akan Sajikan Sepakbola 'Menghibur' di Final Euro 2020
Pelatih Italia Roberto Mancini minta anak asuhnya sajikan sepakbola menghibur di final Euro 2020, Senin (12/7/2021) dini hari WIB./(twitter)

WJtoday, Bandung - MANAJER Italia Roberto Mancini mendesak pemain-pemainnya menghibur publik untuk terakhir kalinya dalam Euro 2020 dan mengaku tidak punya rencana mengubah gaya menyerang Azzurri pada final melawan Inggris di Stadion Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari waktu Indonesia.

Italia menjadi salah satu tim paling menarik untuk ditonton sepanjang turnamen ini dengan mencetak 12 gol sehingga menjadi tim paling produktif kedua setelah Spanyol yang mencetak 13 gol sebelum yang satu ini tersingkir melalui adu penalti oleh tim asuhan Mancini dalam semi-final.

Diminta melukiskan seperti apa timnya, Mancini mengatakan pada konferensi pers: “Menghibur dan menyenangkan, tetapi juga konkret dan substansial. Ada sejumlah pertandingan yang sulit. Beberapa sangat menantang."

“Tak ada yang gampang, bahkan pada babak penyisihan grup kami melakukan pekerjaan dengan baik dalam menuntaskannya secepat mungkin dari dua pertandingan. Tapi ada jalan berbatu di sepanjang jalan, kami harus berjuang keras." ujar Mancini.

"Saya berharap tim bisa menghibur orang-orang sekali lagi selama 90 menit esok sebelum mereka pergi berlibur, satu upaya terakhir," sambung dia seperti dikutip Reuters, Sabtu (10/7/2021).

Kemampuan lini tengah Italia dalam mendikte penguasaan bola dan meregangkan lawan dengan umpan-umpan apik sudah terkenal di sepanjang jalan mereka menuju final.

Baca juga: Juara Copa America 2021, Penantian Panjang Messi untuk Gelar Internasional

Mancini menandaskan tidak memiliki rencana mengotak-atik taktiknya saat melawan tim yang mengandalkan fisik seperti Inggris, sekalipun kesulitan menerapkan gaya bermain seperti sewaktu melawan Spanyol.

“Kami selalu bermain seperti ini. Bahkan melawan Spanyol kami ingin bermain seperti itu, tetapi mereka berhasil membatasi kami, mereka menjaga bola lebih baik dari kami,” sebutnya.

Gareth Southgate Minta Skuatnya tak Terjebak Emosi
Manajer timnas Inggris Gareth Southgate meminta tim asuhannya fokus mereproduksi penampilannya di sepanjang Euro 2020 saat final Senin dini hari nanti melawan Italia dan tidak terjebak dalam emosi.

Inggris belum pernah memenangkan turnamen besar sejak menjuarai Piala Dunia 1966 dan negara itu di ambang mengakhiri penantian tersebut.

Skuad Roberto Mancini tak terkalahkan dalam 33 pertandingan terakhirnya dan merupakan lawan terberat yang pernah dihadapi Inggris dalam turnamen ini, tapi Southgate menyatakan tak perlu mengubah pendekatan mereka untuk pertandingan di Wembley nanti itu.

"Ini belum tentu soal melakukan hal yang lebih baik. Kuncinya adalah mencapai level normal Anda. Banyak tim dalam laga final malah berakhir dengan performa buruk," kata dia dalam konferensi pers.

"Ini soal mentransfer apa yang Anda lakukan di lapangan latihan ke dalam pertandingan. Pertandingan ini kini adalah tantangan taktis yang berbeda dan kami harus menyiapkan diri menghadapinya dengan baik," kata Southgate.

Southgate mengatakan timnya mesti menghormati lawan tapi fokus kepada kekuatannya sendiri.

"Ada pemain-pemain fantastis dalam tim Italia, mereka memiliki rencana taktis yang bagus, pelatih yang berpengalaman dan dalam performa yang luar biasa bagus," kata dia.

"Kami memiliki kekuatannya sendiri. Kami sudah berusaha bermain dengan kekuatan kami dan kami mesti melakukan hal yang sama esok." ujarnya.  ***