Manchester City Kembali ke Puncak, Arsenal Naik Daun

Manchester City Kembali ke Puncak, Arsenal Naik Daun
Manchester City kembali ke puncak
MANCHESTER City kembali ke puncak Liga Primier setelah menekuk West Brom 5-0, kemarin. City sekarang telah memenangkan 11 pertandingan berturut-turut sejak West Brom mendapatkan hasil imbang 1-1 yang mengejutkan di Etihad bulan lalu. 

Pasukan Pep Guardiola itu menunjukkan performa terbaiknya meskipun tanpa kehadiran Kevin De Bruyne yang cedera dalam menghempaskan The Baggies dengan mencetak empat gol sebelum jeda. 

Llkay Gundogan membuka gerbang dengan melakukan tendangan melengkung dari tepi kotak sebelum serangan kontroversial Joao Cancelo menggandakan keunggulan City. 

Pertahanan West Brom terganggu oleh pengibaran bendera offside yang salah sebelum bek sayap Portugal itu mencetak gol, tetapi gol tersebut tetap bertahan setelah tinjauan VAR. 

Gundogan kemudian menambah jumlah golnya menjadi tujuh gol dalam delapan pertandingan liga terakhirnya sebelum Riyad Mahrez dan Raheem Sterling melengkapi skor. 

West Brom sekarang telah kebobolan 17 gol dalam empat pertandingan kandang, Sam Allardyce bertanggung jawab karena mereka tetap terbawah kedua klasemen, 

Arsenal Sedang Naik Daun  
Mantan asisten Guardiola, Mikel Arteta, juga menikmati performa yang bagus karena Arsenal telah mengambil 16 dari kemungkinan 18 poin terakhir. The Gunners membalaskan dendam Piala FA mereka ke Southampton pada akhir pekan meski tertinggal tiga menit setelah tendangan manis Stuart Armstrong. 

Nicolas Pepe dengan cepat menyamakan kedudukan sebelum Bukayo Saka melewati Alex McCarthy dan mencetak gol untuk memberi tim tamu keunggulan pada babak pertama. 

Alexandre Lacazette memastikan tiga poin penting 18 menit dari waktu saat Arsenal naik ke urutan kedelapan dan dalam lima poin dari empat besar. West Ham menempati tempat keempat Liga Champions saat Tomas Soucek mencetak dua gol dalam kemenangan 3-2 di Crystal Palace. 

The Hammers mengalami kemunduran awal ketika Wilfried Zaha membuat Palace unggul setelah hanya tiga menit. Tetapi mentalitas yang lebih kuat yang dipuji David Moyes di West Ham musim ini ditunjukkan ketika Soucek mencetak dua gol dalam 16 menit untuk membalikkan keadaan.  

Hanya Bruno Fernandes dari Manchester United yang mencetak lebih banyak gol Liga Premier dari lini tengah daripada pemain Ceko sejak ia bergabung dari Slavia Praha setahun lalu. 

Craig Dawson menyundul sepak pojok Jarrod Bowen 25 menit sebelum waktu berakhir untuk membuat kedudukan menjadi 3-1 sebelum Michy Batshuayi mencetak gol hiburan untuk Palace. 

"Ini adalah penampilan yang ingin kami tunjukkan kepada semua orang dan saya harap kami bisa melanjutkannya," kata Soucek. "Ruang ganti kami indah dan kami sangat percaya diri,’’ tambahnya. 

Kemenangan keenam berturut-turut di semua kompetisi membawa pasukan Moyes di atas Liverpool di klasemen dan The Reds Jurgen Klopp yang sedang berjuang akan waspada dengan perjalanan mereka ke Stadion London pada hari Minggu. 

Di tempat lain, Newcastle kalah 2-1 Leeds di kandang ini menambah panjang rekor tanpa kemenangan mereka menjadi 11 pertandingan. 

"Liga ini memang kadang-kadang kejam. Saya tidak tahu apakah saya telah berada dalam kondisi yang lebih buruk dalam 20 tahun ," kata bos Magpies yang terkepung, Steve Bruce. 

Leeds sendiri pernah dalam performa yang buruk, tetapi mengamankan kemenangan pertama mereka pada tahun 2021 untuk unggul 14 poin dari zona degradasi di urutan ke-12. 

Raphinha memasukkan cut-back Rodrigo untuk membuat pasukan Marcelo Bielsa unggul di  paruh waktu. 

Miguel Almiron menyamakan kedudukan dengan gol pertama Newcastle untuk lima pertandingan di awal babak kedua, tetapi selisih hanya berlangsung empat menit sebelum penyelesaian sensasional Jack Harrison dengan bagian luar kaki kirinya memetik ketiga poin bagi tim tamu. 

Newcastle memiliki keunggulan tujuh poin di atas tiga terbawah, tetapi sekarang telah memainkan dua pertandingan lebih banyak dari Fulham di urutan ke-18. ***