Malang, Mamasa, dan Nagan Raya Aceh Diguncang Gempa

Malang, Mamasa, dan Nagan Raya Aceh Diguncang Gempa
Ilustrasi (wjtoday/yoga enggar)

WJtoday, Bandung - Sejumlah wilayah di Indonesia dilaporkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisoka (BMKG) mengalami guncangan gempa. 

BMKG Yogyakarta melaporkan gempa baru saja terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gempa tersebut terjadi hari ini, Kamis (22/7/2021), pukul 08.28 WIB. Tercatat gempa hari ini di Kabupaten Malang bermagnitudo 3,2.

Pusat gempa terlihat ada di laut selatan Malang. Tepatnya 160 kilometer arah tenggara Kabupaten Malang. Menurut BMKG Yogyakarta gempa terkini di Malang terjadi di kedalaman 10 kilometer.

Melihat kekuatan dan jarak gempa bumi terkini ini, kecil kemungkinan getaran atau guncangan lindu dirasakan oleh warga di Kabupaten Malang dan sekitarnya.

Sebelumnya, Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,3 mengguncang Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar). Gempa tak berpontensi tsunami. Gempa terjadi pada pukul 00.44 WIB dengan titik koordinat 2,96 lintang selatan dan 119,43 bujur timur.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG di akun Twitter resminya, Kamis (22/7/2021).

BMKG juga mengimbau masyarakat Kabupaten Nagan Raya, Aceh untuk berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan. Imbauan itu menyusul terjadinya gempa dengan Magnitudo 4,4, Rabu (21/7/2021) petang.

Meski gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, getaran gempa dirasakan di wilayah Bener Meriah dengan skala II MMI. 

Dari analisa BMKG, lokasi gempa berada pada koordinat 4.53 LU dan 96.40 BT. Pusat gempa berada di darat, 34 kilometer timur laut Kabupaten Nagan Raya. Kedalaman titik gempa tercatat 5 kilometer.  *** (pam)