Kualifikasi Piala Dunia 2022

Malam Ini Lawan Thailand, Indonesia datang untuk menang, kata Shin Tae-yong

Malam Ini Lawan Thailand, Indonesia datang untuk menang, kata Shin Tae-yong

Wjtoday, Jakarta - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menegaskan skuadnya menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia untuk memenangkan setiap pertandingan, termasuk saat menghadapi Thailand hari ini.

Jelang pertandingan melawan Thailand, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin anak asuhnya bermain dengan maksimal di pertandingan nanti. 

"Kami mungkin tidak akan lolos ke putaran selanjutnya. Namun, kami datang untuk bekerja keras, semaksimal mungkin," kata Shin dalam keterangan resmi PSSI di Jakarta, Kamis.

Pelatih asal Korea Selatan itu meminta pemain-pemainnya tidak gentar menghadapi  Thailand, sebaliknya perlawanan mesti diberikan sedahsyat mungkin karena pertandingan itu akan disiarkan langsung.

"Kami mau menunjukkan bahwa sepak bola Indonesia masih memiliki harapan," kata Shin.

Selain itu, Shin berharap dengan para pemain muda generasi baru Indonesia mampu merubah mental mereka menjadi seorang pemenang. 

“Persiapan untuk tiga pertandingan ini, sengaja kami mengganti dengan generasi baru."katanya.

"Pemain yang kami bawa juga muda semua. Jadi pertandingan kedepannya, wajib mendapatkan kemenangan. Tetapi jujur saya melihat adanya harapan itu dan kami datang untuk bermain maksimal,” tuturnya.

Jika Timnas Indonesia bisa mengalahkan Thailand, skuad Garuda akan membuka asa untuk lolos ke Piala Asia 2023 mendatang. 

Sebenarnya, Shin Tae-yong juga mengatakan pemilihan para pemain muda di Timnas Indonesia bertujuan untuk mengubah mental para pemain yang sering kalah saat berhadapan dengan Thailand. 

“Pastinya akan mempengaruhi ke mental pemain, tapi saya sudah mengganti generasinya menjadi baru," kata Shin Tae-yong. 

"Anak-anak saat ini masih muda, kalau mereka bertahan satu atau dua tahun di timnas, pasti akan terbentuk mental yang lebih baik lagi."

"Kedepannya pasti tidak akan gampang kalah, dan pastinya akan berakhir dengan kemenangan,” harap pelatih asal Korea Selatan itu. 

Gelandang timnas Evan Dimas menyatakan bahwa dia dan rekan-rekannya tidak hadir di Dubai untuk bersantai, namun tidak sabar untu berlaga melawan Thailand.

"Ini saat yang kami tunggu-tunggu karena Itu menjadi pertandingan internasional pertama kami setelah pandemi COVID-19," kata Evan.

Timnas Indonesia akan menghadapi tiga laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada 3-11 Juni 2021 di Dubai.

Skuad Garuda akan menjajal Thailand pada 3 Juni 2021, lalu Vietnam pada 7 Juni 2021 dan Uni Emirat Arab pada 11 Juni 2021.

Partai Indonesia melawan Thailand digelar di Stadion Al Marktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, pukul 23.45 WIB.

Di Dubai, Evan Dimas dan kawan-kawan sudah menjalani dua laga uji coba melawan Afghanistan dan Oman dengan hasil selalu kalah masing-masing 2-3 dan 1-3.***