Luhut Sebut Progres Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Hampir 80 Persen

Luhut Sebut Progres Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Hampir 80 Persen
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan ./Facebook

WJtoday, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan progres pembangunan dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 78,98%. 

Hal tersebut disampaikan Luhut saat melakukan peninjauan  titik pembangunan Tol Cisumdawu, Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan pembuatan mobil listrik Wuling  di Jawa Barat.

"Harapan kita proyek untuk tol Cisumdawu ini akan segera selesai dan tersambung dari Cileunyi sampai Dawuan diakhir tahun 2021, dari dimulai pada 2011 lalu,” jelas Menko Luhut dalam kunjungannya, dikutip Jumat (1/10/2021). 

Dirinya menyampaikan untuk total ruas panjang tol ini mencapai 61,71 kilometer (km) dan segera dirampungkan. Penanganan lereng Dusun Bojongtotor Desa Sirnamulya juga telah dilakukan untuk mendukung kesiapan jalan tol.

Setelah kunjungannya di Sumedang,  Luhut kemudian mengunjungi lokasi Casting Yard dua yang memproduksi girder, dilanjutkan dengan kunjungan ke DK43 THK proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

“Saat ini, progres proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang dioperatori oleh PT Kereta Cepat Indonesia-China atau KCIC telah mencapai 78,98 persen ini hampir 80 persen per tanggal 24 September 2021,” ujarnya.

Dalam Kesempatannya Luhut  memuji dan mengatakan atas proyek apa yang  dilakukan oleh kementerian ini merupakan pekerjaan yang hebat oleh Kementerian PUPR sehingga pembangunan Tol Cisumdawu dapat berjalan dengan cepat.

“Setelah melihat langsung kondisi di lapangan, saya optimis Tol Cisumdawu akan bisa mulai digunakan pada tahun 2022. Melalui tol ini, perjalanan dari Bandung sampai Kertajati nantinya bisa ditempuh dalam waktu 1 jam,” tutup Luhut. 

Pada kunjungannya  Menko Marves didampingi oleh Menteri PUPR, Menhub, Wamen II BUMN, dan Wagub Jawa Barat mengunjungi Interchange (IC) Cileunyi dan Longsoran Sinarmulya untuk memastikan pembangunan Tol Cisumdawu terus berjalan lancar.  ***