Liverpool Petik Tiga Angka Kembali ke Jalur Kemenangan

Liverpool Petik Tiga Angka Kembali ke Jalur Kemenangan
Penyerang Liverpool Sadio Mane (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Tottenham
WJToday,London,- Liverpool akhirnya kembali merasakan kemenangan setelah menghajar tuan rumah Tottenham Hotspur dengan skor 3-1 dalam laga pekan ke-20 Liga Primer Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Jumat (29/1) WIB. 

Liverpool, yang sebelumnya melewati setidaknya 483 menit dalam keadaan paceklik gol, meraih kemenangan lewat gol-gol Roberto Firmino, Trent Alexander-Arnold, dan Sadio Mane yang cuma bisa dibalas sekali oleh Spurs melalui Pierre-Emile Hojbjerg. 

Hasil yang menyudahi tren nirmenang Liverpool dalam lima pertandingan sebelumnya itu membuat mereka naik lagi ke peringkat keempat dengan koleksi 37 poin. 

Sedangkan Spurs (33), yang musim ini selalu kalah melawan Liverpool, kini tertahan di urutan keenam klasemen sementara. 

Kegagalan Mane memanfaatkan peluang pertama laga itu hampir dibayar mahal oleh Liverpool lantaran sesaat kemudian gawang mereka dijebol Son Heung-min. 

Beruntung Liverpool diselamatkan VAR yang menemukan Son sempat terjebak offside dalam proses serangan sehingga wasit Martin Atkinson menganulir gol tersebut. 

Setelah banyak peluang terbuang dan kiper kedua tim tampak solid mengawal gawang mereka, babak pertama sepertinya akan berakhir nirgol. Tetapi, di injury time empat menit yang disebabkan VAR dan cederanya Harry Kane, mampu dimanfaatkan Liverpool untuk mencetak gol. 

Tepat pada menit keempat injury time, Serge Aurier teledor membiarkan Mane lepas dari kawalannya untuk mengirim umpan tarik yang tidak diantisipasi baik oleh Joe Rodon dan memberi kesempatan Firmino mencocor bola di mulut gawang. 

Cederanya Kane berusaha diatasi Jose Mourinho dengan memasukkan Erik Lamela pada awal babak kedua, bersamaan dengan Harry Winks yang menggantikan Aurier. 

Di kubu Liverpool, Juergen Klopp juga mengambil langkah berani dengan menurunkan bek pelapis Nathan Phillips menggantikan Joel Matip, yang tampaknya belum cukup bugar untuk tampil 90 menit penuh. 

Pergantian dua pemain tersebut cukup membuat koordinasi pertahanan Spurs tidak siap memasuki babak kedua yang berujung dengan keberhasilan Alexander-Arnold menggandakan keunggulan Liverpool pada menit ke-47. 

Mane melenggang melewati barisan pertahanan Spurs untuk melepaskan tembakan melengkung yang tidak dihentikan sempurna oleh kiper Hugo Lloris dan bola pantul disambar Alexaner-Arnold, yang beberapa pekan terakhir jadi sasaran kritik di tengah periode performa negatif Liverpool. 

Namun, Spurs memberi jawaban instan, dua menit kemudian, ketika para pemain Liverpool gagal meredam serangan yang dibangun Steven Bergwijn dan bola sodoran disambar dengan tembakan keras oleh Hojbjerg ke area tiang jauh tidak terjangkau kiper Alisson Becker. 

Pada menit ke-59, para pemain Liverpool melakukan selebrasi lagi ketika Mohamed Salah menyelesaikan umpan sodoran Mane dengan sempurna. Namun, gol itu kemudian dianulir VAR dan wasit Martin Atkinson karena Firmino divonis melakukan pelanggaran handball dalam proses serangan. 

Enam menit kemudian, Liverpool betul-betul mencetak gol ketiga mereka melalui tembakan keras Mane yang memanfaatkan keteledoran Rodon yang gagal mengantisipasi umpan silang memantul dari Alexander-Arnold. 

Dengan keunggulan 3-1, Liverpool lebih tenang dan berkonsentrasi mengawal pertahanan mereka yang tidak banyak mendapat ancaman karena Son tidak memiliki rekan mumpuni untuk membangun serangan Spurs. 

Kedua tim akan memainkan pertandingan selanjutnya pada Minggu (31/1) saat Liverpool bertandang ke markas West Ham United dan Spurs menyambangi kandang Brighton & Hove Albion.***