Liverpol Ramaikan Persaingan Tiga Besar Usai Menang 3-0 atas Leeds

Liverpol Ramaikan Persaingan Tiga Besar Usai Menang 3-0 atas Leeds
Liverpool mempecundangi tuan rumah Leeds pada pekan keempat Liga Inggris, Minggu, 12/9/2021. (liverpool fc)

WJtoday, Bandung - Liverpool melibas Leeds United tiga gol tanpa balas dalam laga Liga Premier pekan keempat di Elland Road, Minggu (12/9/2021)  malam waktu setempat.

Tiga gol The Reds masing-masing dicetak oleh Mohamed Salah Fabinho dan Sadio Mane.

Dengan tambahan tiga poin dari laga ini, The Reds meramaikan persaingan tiga besar klasemen sementara. MU di posisi pertama, Chelsea di posisi kedua, dan Liverpool di posisi ketiga masing-masing mengoleksi 10 poin dari empat laga. Selisih gol di antara ketiga pun sama yaitu 8.

Sejak babak pertama Liverpool tampil dominan dan menggempur pertahanan Leeds dengan mengandalkan permainan sayap.

Liverpool berhasil membuka keunggulan pada menit ke-20 melalui sontekan Mohamed Salah di depan gawang usai menerima umpan silang mendatar dari Trent Alexander-Arnold. 

Thiago Alcantara sempat menambah keunggulan Liverpool setelah sundulannya merobek gawang Leeds pada menit ke-24. Namun, hakim garis menganulir gol tersebut karena berbau offside.

Dua menit berselang Harvey Elliott nyaris menggandakan keunggulan Liverpool. Bola tembakan pemain berusia 18 tahun itu dari jarak dekat masih bisa dibendung Meslier. Hingga turun minum, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Liverpool.

Selepas turun minum, Liverpool hampir menggandakan skor pada awal babak kedua. Salah gagal melesakkan bola ke gawang yang sudah kosong karena diblok bek Leeds dan cuma menghasilkan sepak pojok.

Tim tamu menambah keunggulan pada menit ke-50 dari gol yang tercipta setelah kemelut di kotak penalti Leeds menyusul sepak pojok Liverpool yang sukses dimanfaatkan Fabinho untuk membuat timnya menjauh 2-0.

Peluang Leeds mengejar ketertinggalan makin kecil setelah Pascal Struijk dikartumerahkan wasit setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Harvey Elliott pada menit ke-60.

Meski kalah jumlah pemain, Leeds tidak kendur melancarkan serangan. Dan peluang emas Leeds tercipta dari sontekan Patrick Bamford pada menit ke-74 namun digagalkan Alisson Becker.

Baca juga: Hasil dan Klasemen Liga Italia: Milan dan Roma Menang, Inter Imbang

Mane membuang peluang emas pada menit ke-80 setelah melepaskan tembakan dari jarak dekat, tetapi percobaannya itu digagalkan kiper lawan.

Mane akhirnya bisa mencetak gol pada injury time. Berawal dari umpan tarik Thiago, penyerang asal Senegal itu kemudian memutar badannya sambil melepaskan tembakan. Skor menjadi 3-0.

Dengan hasil ini, Leeds menduduki posisi ke-17 atau satu peringkat di atas zona degradasi dengan dua poin dari empat laga. Posisi tim besutan Marcelo Bielsa tersebut bisa merosot bila Burnley mencuri poin dari Everton.  ***

Klasemen Sementara