Lionel Messi Dinobatkan sebagai Duta Pariwisata Arab Saudi

Lionel Messi Dinobatkan sebagai Duta Pariwisata Arab Saudi

WJtoday, Jakarta - Bintang sepakbola asal Argentina, Lionel Messi baru saja dinobatkan sebagai Duta Pariwisata Arab Saudi. Dalam beberapa tahun belakangan Arab Saudi gencar mengampanyekan pariwisata mereka.

Dilansir dari The Guardian, Rabu (22/6/2022) Menteri Pariwisata Arab Saudi, Ahmed al-Khateeb membenarkan kabar tersebut. Ia menyambut kedatangan La Pulga di Arab Saudi bulan Mei kemarin dengan bertujuan untuk menjadi Duta Pariwisata mereka.

"Saya senang menyambut Lionel Messi ke Arab Saudi. Kami sangat senang Anda menjelajahi kekayaan Laut Merah, Jeddah, dan sejarah kami. Ini bukan kunjungan pertamanya ke Kingdom dan ini bukan yang terakhir!" tutur Ahmed al-Khateeb dikutip dari laman The Guardian.

Status Messi sebagai duta pariwisata Arab Saudi juga diketahui dalam unggahan terbaru di Instagram pribadinya @leomessi, Rabu (22/6/2022) dini hari WIB. Kapten timnas Argentina itu menjabarkan pesona Arab Saudi.

"Banyak orang bertanya tentang perjalanan saya ke Saudi. Saya berkunjung selama Jeddah Season dan, biarkan saya mengatakan kepada Anda, itu luar biasa," ujar Messi dalam unggahan dengan keterangan 'paid partnership' tersebut dikutip dari Instagram @leomessi.

"Makanan enak, live entertainment, seni, budaya, dan banyak olahraga air. Dan lebih banyak lagi festival yang akan datang. Tidak sabar untuk perjalanan saya berikutnya, jadi saya akan memberitahu Anda lagi," ucap Messi menambahkan.

Sejak tahun 2017, Arab Saudi mulai mengembangkan pariwisatanya. Beberapa kota akan disulap fasilitas penunjang pariwisatanya termasuk gelar event musik sampai budaya, kecuali di dua kota suci umat muslim yakni Makkah dan Madinah.

Selain itu, mereka juga menjadi tuan rumah sejumlah olahraga kenamaan dunia, seperti Formula 1, turnamen golf internasional, dan World Wrestling Entertainment untuk pertarungan tahunan.

Arab Saudi juga ambil bagian dalam menggelar duel tinju kelas berat dunia, Anthony Joshua vs Andy Ruiz. Perekrutan Messi sebagai duta pariwisata Arab Saudi ini setelah Qatar menggaet David Beckham untuk duta budaya Qatar jelang Piala Dunia 2022.***