Liga Negara Eropa 2022: Timnas Kroasia 2-1 Denmark

Liga Negara Eropa 2022: Timnas Kroasia 2-1 Denmark
Kroasia 2-1 Denmark.(twitter)

WJtoday, Jakarta - Kroasia memastikan diri lolos ke semifinal Liga Negara Eropa 2022 (UEFA Nations League). Kepastian ini mereka dapat usai mengalahkan Denmark 2-1 di Stadion Maksimir, Jumat (23/8/2022) dini hari WIB.

Dua gol kemenangan Kroasia dilesatkan oleh B. Sosa (49) dan L. Majer (79). Sementara gol balasan Denmark dicetak oleh pemain Manchester United, Cristian Eriksen (77).

Kemenangan ini membuat Kroasia kokoh di puncak klasemen Grup A dengan 10 poin dari 5 pertandingan. Sementara Denmark membuntuti di posisi kedua dengan selisih satu poin saja.

Pertandingan berjalan ketat sejak menit pertama. Baik Kroasia dan Denmark sama-sama membangun serangan. Namun, serangan mereka belum diselesaikan dengan sempurna.

Pada menit ke-34, Denmark terus memberikan tekanan. Mereka lalui hampir saja memecah kebuntuan. Namun, serangan yang dibuat Joakim Maehle mampu diamankan kiper Kroasia, Dominik Livakovic.

Memasuki lima menit terakhir babak pertama, serangan Denmark mengalami penurunan. Keadaan itu berusaha dimaksimalkan Kroasia. Namun, tidak ada gol yang tercipta hingga babak pertama akhir.

Begitu paruh kedua dimulai, Kroasia mampu tampil menyerang. Mereka bahkan sukses memimpin pada menit ke-49. Borna Sosa sukses mencetak gol melalui tendangan kerasnya.

Denmark sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-77. Christian Eriksen menunjukkan kemampuannya dan mencetak gol dari melalui jarak dari luar kotak penalti.

Sayang kegembiraan Denmark tak bertahan lama. Kroasia lalu berhasil kembali memimpin pada menit ke-79. Kali ini, Lovro Majer yang sukses menjebol gawang tuan rumah.

Tertinggal, Denmark berupaya untuk mengejar. Mereka bahkan terus menyerang hingga memasuki masa injury time. Namun, Kroasia dapat menjaga keunggulan hingga laga usai dengan skor 2-1.***

Susunan Pemain:

Kroasia: Livanovic; Juranovic, Sutalo, Gvardiol, Sosa; Brozovic, Kovacic, Modric; Pasalic, Perisic, Kramaric.

Pelatih: Zlatko Dalic

Denmark: Schmeichel; Andersen, Christensen, Kjær, Mæhle; Wass, Højbjerg, Delaney; Eriksen; Skov Olsen, Braithwaite.

Pelatih: Kasper Hjulmand