Liga Negara Eropa 2022: Timnas Belgia 2-1 Wales

Liga Negara Eropa 2022: Timnas Belgia 2-1 Wales
Timnas Belgia 2-1 Wales.(twitter)

WJtoday, Jakarta - Belgia sukses memetik kemenangan tipis saat menghadapi Wales dalam lanjutan Liga Negara Eropa 2022 (UEFA Nations League). Kevin de Bruyne dkk. menang dengan skor 2-1 di Stade Roi Baudouin, Jumat (23/9/2022) dini hari WIB.

Dua gol Belgia pada laga kali ini dicetak oleh Kevin De Bruyne (10) dan M. Batshuayi-Atunga (37). Sementara gol balasan Wales dicetak oleh Kyle Moore (50).

Hasil ini menempatkan Belgia sebagai runner-up Grup A4 di belakang Belanda. Belgia sementara mengumpulkan 10 poin dari lima laga, tertinggal tiga poin dari Belanda. Poland baru mengumpulkan empat poin dan Wales malah baru satu.

Setelah ini, Belanda dan Belgia akan bertemu di partai terakhir Grup A4 di Amsterdam. Pertandingan tersebut akan menentukan status juara grup dan lolos ke semifinal.

Tapi tuan rumah sudah langsung memimpin pada menit ke-10. Sepakan mendatar Kevin de Bruyne menuntaskan umpan Michy Batshuayi berakhir di dalam gawang.

Belgia nyaris menambah gol pada menit ke-30. De Bruyne menerima umpan dari Eden Hazard di tepi kotak penalti dan tembakannya menghantam tiang gawang.

Setelah beberapa peluang untuk mencetak gol gagal, Batshuayi pun sukses mencatatkan namanya di papan skor. Penyerang berusia 28 tahun itu sukses menjebol gawang Wayne Hennessey pada menit ke-37 usai menerima umpan De Bruyne. Belgia unggul 2-0 atas Wales.

Jelang babak pertama usai, De Bruyne sempat mendapatkan peluang. Sepakannya dibelokkan ke luar lapangan dengan kaki Wayne Hennesey. Alhasil, skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Wales langsung memberikan ancaman kepada Belgia pada awal babak pertama. Hasilnya umpan silang Brennan Johnson berhasil diselesaikan dengan baik oleh Kieffer Moore pada menit ke-50 dan membuat Wales memperkecil ketertinggalan dari Belgia menjadi 1-2.

Belgia sempat mendapatkan penalti pada menit ke-78 karena pelanggaran Joe Morrell terhadap De Bruyne. Akan tetapi keputusan ini diubah setelah wasit meninjau lewat Video Assistant Referee (VAR).

Wales terus menekan dan Courtois harus menyelamatkan gawangnya dari sepakan keras Dan James. Namun sampai laga selesai, tak ada gol lain tercipta. Skor 2-1 untuk kemenangan Belgia menjadi hasil akhir laga ini.

Susunan pemain:

Belgia: Thibaut Courtois; Zeno Debast, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen; Thomas Meunier, Youri Tielemans (Vanaken 76'), Axel Witsel, Yannick Carrasco (Dries Mertens 65'); Kevin de Bruyne (Charles de Ketelaere 92'), Eden Hazard (Leandro Trossard 65'); Michy Batshuayi (Openda 65')

Wales: Wayne Hennessey; Connor Roberts, Joe Rodon, Chris Mepham, Neco Williams; Matthew Smith (Morrell 64'), Ethan Ampadu, Rhys Norrington-Davies (Tyler Roberts 84'); Dan James, Kieffer Moore (Gareth Bale 65'), Brennan Johnson.***