Liga Champions: Ronaldo Bungkam Messi di Kandangnya, Juventus-Barcelona 3-0

Liga Champions: Ronaldo Bungkam Messi di Kandangnya, Juventus-Barcelona 3-0
Cristiano Ronaldo menyarangkan gol ke gawang Barcelona dalam laga terakhir Grup G Liga Champion
Westjavatoday.com - Cristiano Ronaldo mengantar Juventus membantai Barcelona dengan skor telak 3-0 dalam laga pamungkas Grup G Liga Champions 2020-2021 di Camp Nou dini hari tadi (9/12).

Ronaldo menyarangkan dua gol dari titik penalti ke gawang Barcelona dalam pertandingan kali ini. Sebelumnya Ronaldo absen dalam pertemuan pertama akhir Oktober lalu karena positif Covid-19. Saat itu, Barcelona berhasil menang dengan skor 2-0.

Kendati kedua tim sama-sama sudah lolos ke babak 16 besar, laga kali ini menarik karena jadi pertemuan dua superstar terbesar dunia Lionel Messi versus Ronaldo.

Messi yang kembali merumput setelah absen dari dua laga Liga Champions terakhir, tak mampu membawa Barcelona bersinar.

Juventus membuka pertandingan dengan inisiatif menyerang dan mendapat hadiah tendangan penalti setelah Ronaldo dijatuhkan Ronald Araujo.

Tendangan penalti dihadapi sendiri oleh Ronaldo. Dia memperdaya kiper Marc-Andre ter Stegen dengan tembakan tepat ke tengah gawang. Juventus unggul pada menit ke-13.

Tujuh menit berselang, Weston McKennie membuat Juventus memimpin 2-0. Dia menyambut umpan silang Juan Cuadrado dengan sebuah tendangan voli akrobatik untuk menjebol gawang tuan rumah.

Messi berusaha memikul sendirian beban Barcelona dan melakukan tusukan ke pertahanan Juve dari sisi kiri. Tetapi sayang, tembakannya bisa ditepis oleh kiper gaek Gianlugi Buffon. Total, Barcelona melakukan tujuh tembakan ke arah gawang. Semuanya dilakukan oleh Messi.

Keunggulan Juve bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, Juventus masih dengan intensitas menyerang ketika McKennie memaksa Ter Stegen melakukan penyelamatan gemilang.

Situasi serangan itu ditinjau oleh wasit Tobias Stieler. Dan setelah berkonsultasi dengan VAR, wasit akhirnya memberi hadiah tendangan penalti kedua untuk Juve. Sebab, bek Barcelona Clement Lenglet divonis melakukan pelanggaran handsball.

Ronaldo kembali menghadapi bola dan kali ini mengarahkan tembakannya ke pojok kiri bawah gawang. Dia sukses mengecoh Ter Stegen yang melompat ke arah berlawanan dan membuat Juventus unggul jauh 3-0.

Inilah gol ke-14 Ronaldo dalam 13 pertandingan di Camp Nou.

Enam menit kemudian, Messi mengirimkan tendangan bebas yang disambut tandukan Antoine Griezmann tapi bola membentur mistar gawang.

Barcelona terus berusaha membalas, tetapi gawang mereka kebobolan lagi pada menit ke-76 oleh sontekan Leonardo Bonucci. Tetapi, gol itu dianulir karena offside.

Skor 3-0 bertahan hingga bubaran. Inilah kekalahan pertama Barcelona di kandang sendiri di Liga Champions sejak 2013. Tambahan tiga angka membuat Juventus berhasil menjadi juara Grup G.

Juventus menggeser Barcelona dari posisi puncak klasemen. Walau kedua tim sama-sama mengoleksi 15 poin, namun Juventus unggul dalam head-to-head.***