Lifter Jabar, Susi Susanti Pecahkan Rekor Asia di PON XX Papua

Lifter Jabar, Susi Susanti Pecahkan Rekor Asia di PON XX Papua
Lifter Jabar, Susi Susanti

WJtoday, Jayapura - Atlet cabang olahraga angkat besi asal Jawab Barat, Susi Susanti, sukses meraih medali emas bersamaan dengan rekor yang ia pecahkan di nomor angkat berat 52 kilogram putri pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, Senin 11 Oktober 2021.

Rekor yang berhasil ia ukir merupakan rekor se-Asia untuk angkat beban 197,5 kilogram dari lantai ke pinggang dengan posisi lurus (dead lift). Susi telah mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh lifter asal China Taipe, Chao Yin Ju dengan angkat beban 192,5 kilogram.

Latihan menuju PON XX Papua sangat minim saya lakukan akibat pandemi Covid-19 Alhamdulillah saya bisa meraih medali emas dan mencetak rekor baru.

“Saya tidak menyangka di PON XX Papua bisa meraih medali emas dan membuat rekor baru di Cabor (Cabang Olahraga) angkat berat 52 kilogram putri,” ujar Susi Susanti dilansir dari laman resmi PON XX Papua, Senin, 11 Oktober 2021.

Melalui wawancaranya, Susi mengakui bahwa persiapan latihan untuk mengikuti perhelatan PON yang ia lakukan di tengah pandemi sangat minim, terlebih karena cedera yang pernah menimpa dirinya.

“Latihan menuju PON XX Papua sangat minim saya lakukan akibat pandemi Covid-19. Alhamdulillah, saya bisa meraih medali emas dan mencetak rekor baru,” ucapnya.

Khusus untuk medali emas yang berhasil ia dapatkan, Susi mengatakan kepada awak media bahwa medali emas tersebut ia persembahkan untuk putranya.

“Anak saya satu bernama Dafa, medali emas ini saya persembahkan buat Dafa,” katanya.

Melakukan pertandingan di Auditorium Uncen Jayapura, atlet perempuan kelahiran 4 Maret 1993 itu berhasil membawa pulang medali emas dengan mengumpulkan total angkatan 540 kilogram dari babak squat 207,5 kilogram, bench press 137,5 kilogram, dan dead lift 195 kilogram.

Medali emas yang Susi dapatkan merupakan kali kedua dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional ini. Sebelumnya Susi sempat mendapatkan medali emas perdananya di ajang PON Jawa Barat pada tahun 2016.

Selain sukses pada penyelenggaraan PON, diketahui bahwa Susi pernah meraih medali perunggu pada kejuaraan dunia angkat berat putri di Dubai 2019 serta medali emas Kejuaraan Asia di Bandung, Jawa Barat, pada tahun 2017.***