Libur Panjang Waisak, Jalan-jalan Protokol Kota Bandung Kembali Dipadati Kendaraan

Libur Panjang Waisak, Jalan-jalan Protokol Kota Bandung Kembali Dipadati Kendaraan
Libur Panjang Waisak, Jalan-jalan Protokol Kota Bandung Kembali Dipadati Kendaraan

WJtoday, Bandung - Libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Raya Waisak 2022, dimanfaatkan warga luar kota untuk berwisata ke Bandung. Kendaraan wisatawan terpantau memadati jalan-jalan protokol, Sabtu (14/5/2022).

Berdasarkan pantauan, kepadatan arus lalu lintas kendaraan terpantau sejak gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung. Kendaraan padat merayap di flyover Pasupati yang mengarah ke dalam kota. Banyak juga kendaraan wisatawan hendak menuju kawasan wisata Lembang.

Selain itu, kepadatan terpantau pula di Jalan Cibaduyut dan kawasan Leuwipanjang. Kendaraan baik roda dua maupun empat, tersendat di kawasan ini, menumpuk di bawah flyover Cibaduyut-Kopo. Kemudian, kepadatan juga terpantau di kawasan Jalan Asia Afrika dan Braga.

Sebagian besar kendaraan yang terjebak antrean panjang itu dari luar kota, terutama Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) dan beberapa kota lain. Untuk mengurainkepadatan agar tidak terjadi kemacetan, PT Jasamarga membuka sebelas 11 loket pembayaran di gerbang Tol Pasteur.

Manager Are Ruas Tol Purbaleunyi PT Jasamarga Agus Pramono mengatakan, tercatat sejak sabtu pagi hingga Sabtu siang jumlah kendaraan yang memasuki Kota Bandung melalui gerbang tol pasteur mencapai 12.449 unit.

"Puncak arus kendaraan yang masuk Kota Bandung pada libur panjang Waisyak kali ini terjadi pada Jumat (13/5/2022). Total kendaraan yang masuk pada Jumat, mencapai 36.348 unit," kata Manager Area Ruas Tol Purbaleunyi PT Jasamarga.

Sementara itu, untuk arus lalu lintas kendaraan dari arah Kota Bandung menuju sejumlah objek wisata di kawasan Lembang telah mengalami kepadatan sejak Jalan Setiabudhi. Arus lalu lintas terpantau padat dan terjadi antrean panjang kendaraan pribadi.

Diberitakan sebelumnya, untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas mulai 14 hingga 16 Mei 2022 akibat ribuan wisatawan menyerbu Bandung, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung menyiapkan sejumlah upaya.

Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung melalui Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Ariek Indra Sentanu mengatakan, di Kota Bandung terdapat beberapa titik kemacetan setiap long weekend.

Titik pertama rawan kemacetan lalu lintas yakni di jalur utama menuju kawasan wisata Lembang, tepatnya Jalan Sukajadi dan Jalan Setiabudhi.

Di titik itu, kata Kasatlantas Polrestabes Bandung, sejumlah personel kepolisian akan disiagakan untuk mencegah kemacetan dan mengurai arus. Polisi juga menyiapkan sejumlah cara bertindak seperti melakukan rekayasa arus lalu lintas hingga one way.

"Lalu, akan dilakukan kanalisasi jalur masuk menuju Mal Paris van Java di Jalan Sukajadi. One way di Jalan Setiabudi dekat Jalan Cemara dilakukan situasional," kata Kasatlantas Polrestabes Bandung, Jumat (13/5/2022).

Kemudian, ujar AKBP Ariek Indra Sentanu, jalur yang juga rawan kemacetan adalah Jalan dr Djunjunan atau Pasteur, Jalan Ir H Juanda atau Dago, dan Jalan Tamansari, tepatnya di dekat objek wisata Kebun Binatang. "Di Jalan Dr. Djunjunan, polisi bakal melakukan pelarangan parkir di sejumlah titik keramaian," ujar AKBP Ariek Indra Sentanu.

Titik kemacetan berikutnya, Jalan Asia Afrika. Kawasan tersebut jadi tujuan masyarakat, terutama dari luar kota. "Di kebun binatang, cara bertindaknya dengan menempatkan personel hingga rekayasa lalu lintas," tutur Kasatlantas Polrestabes Bandung.

Kawasan yang juga rawan kemacetan adalah depan Mal Paskal, Jalan Pasirkaliki dan Bundaran Cibiru. Di sana, akan disiagakan sejumlah personel kepolisian untuk mengatur arus lalu lintas agar tak terjadi kepadatan.***