Lebih dari 4.000 Personel Gabungan Siap Amankan Pilkades Serentak di Cirebon

Lebih dari 4.000 Personel Gabungan Siap Amankan Pilkades Serentak di Cirebon
Ilustrasi (pam)

WJtoday, Cirebon - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon menerjunkan 4.143 personel gabungan untuk mengamankan semua tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 yang diikuti 135 desa.

"Kami pastikan seluruh personel telah siap untuk mengamankan Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman di Cirebon, Selasa (12/10/2021).

Arif mengatakan personel gabungan tersebut merupakan para personel dari Polresta Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Satpol PP, Linmas, dan lainnya.

"Seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan tersebut terdiri dari 1.561 personel Polri dan 2582 personel gabungan dari unsur TNI, Satpol PP, Linmas, pemerintah kecamatan, dan lainnya," ungkapnya.

Menurutnya, saat ini tahapan Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon, akan memasuki tahap seleksi akademis bagi desa yang memiliki bakal calon kepala desa lebih dari lima orang.

"Terdapat beberapa desa yang akan melaksanakan seleksi akademis," jelas Arif.

Arif mengatakan Pilkades Serentak 2021 akan digelar di 135 desa se-Kabupaten Cirebon. Namun, dari jumlah tersebut hanya 112 desa yang masuk ke wilayah hukum Polresta Cirebon. Sedangkan 23 desa lainnya berada di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

Selain fokus untuk pengamanan Pilkades 2021, Polresta Cirebon, juga gencar mengadakan vaksinasi massal dalam rangka persiapan pilkades yang berlangsung pada 21 November 2021.

"Vaksinasi ini diselenggarakan serentak di 60 puskesmas se-Kabupaten Cirebon," sebut Arif.

Ia menambahkan untuk vaksinasi Covid-19 difokuskan bagi desa-desa yang akan menggelar pesta demokrasi tingkat desa. Selain itu, hal tersebut menjadi terobosan Polresta Cirebon untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di desa yang menggelar Pilkades.  ***