Larangan Cuti Libur Nataru Berlaku bagi ASN, TNI-Polri hingga Karyawan Swasta

Larangan Cuti Libur Nataru Berlaku bagi ASN, TNI-Polri hingga Karyawan Swasta
Selain meniadakan cuti bersama, pemerintah juga melarang ASN mengambil cuti selama libur nasional. (Ilustrasi)

WJtoday, Jakarta - Pemerintah akan menerapkan kebijakan PPKM Level 3 untuk seluruh wilayah Indonesia selama masa libur Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Saat aturan diberlakukan, ASN, TNI, Polri dan karyawan swasta dilarang mengambil cuti pada periode libur tersebut.

"Serta memperketat penerapan prokes dan 3T (tracing, tracking, treatment), dan mengebut vaksinasi sampai akhir Desember 2021," kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam siaran persnya,dikutip Kamis (18/11).

Muhadjir meminta kementerian atau lembaga, TNI-Polri, Satgas Covid Nasional melalui BNPB, Pemerintah Daerah menyiapkan SE guna dukungan operasional pelaksanaan pengendalian penanganan Covid-19 selama masa libur Nataru.

Pemerintah juga menetapkan beberapa kebijakan mengantisipasi libur Nataru. Seperti imbauan bagi masyarakat agar tidak berpergian, tidak pulang kampung, serta memperketat aturan perjalanan menggunakan moda transportasi umum minimal harus sudah menerima vaksin dosis pertama.

Baca Juga : PPKM Level 3 Berlaku di Seluruh Indonesia Selama Libur Nataru

Diketahui, Pemerintah menetapkan penerapan PPKM Level 3 untuk seluruh Indonesia. PPKM Level 3 akan diberlakukan selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, aturan itu demi mencegah lonjakan kasus Covid-19 saat libur panjang.

Sebelumnya, diketahui cuti bersama Natal yang semula jatuh pada Jumat, 24 Desember 2021 ditiadakan, pemerintah khawatir mobilitas masyarakat pada libur Natal dan tahun baru dapat mengakibatkan munculnya gelombang ketiga Covid-19. Kedua hari libur tersebut, kata Muhadjir, identik dengan tingginya mobilitas masyarakat.

Selain meniadakan cuti bersama, pemerintah juga melarang ASN mengambil cuti selama libur nasional. Larangan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Cuti Bagi ASN Selama Hari Libur Nasional Tahun 2021.

"Kita upayakan menekan sedikit mungkin yang akan bepergian. Dan ini sudah diberi pagar-pagar pembatasan. Mulai dari tidak adanya libur cuti bersama. Kemudian, pelarangan mereka untuk mengambil cuti akan kita lakukan," ujar Muhadjir dalam keterangannya, Rabu (27/10/2021).***