Laporkan Jika Ada Oknum Tawarkan Vaksinasi Dosis Ketiga

Laporkan Jika Ada Oknum Tawarkan Vaksinasi Dosis Ketiga
Ilustrasi (pam)

WJtoday, Jakarta - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr.Siti Nadia Tarmizi mengimbau masyarakat harus segera lapor jika ada oknum yang menawarkan vaksin Covid-19 dosis ketiga.

“Jika ada oknum yang menawarkan vaksin dosis ketiga kepada masyarakat selain tenaga kesehatan, segera laporkan ke pihak berwenang,” ucap Nadia dalam keterangan di Jakarta, yang dikutip pada Selasa (21/9/2021).

Saat ini, jelas Nadia, vaksin Covid-19 dosis ketiga hanya diprioritaskan bagi tenaga kesehatan saja, sebab mereka memiliki risiko paling besar terpapar virus.

Selain itu, pemerintah juga memprioritaskan bagi masyarakat yang sama sekali belum melakukan vaksinasi atau belum lengkap suntikan vaksinasinya.

Baca juga: Pemerintah Ajak Semua Pihak Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

Sedangkan masyarakat umum yang belum bisa mendapatkan suntikan vaksin dosis ketiga diharapkan bisa menahan diri. 

“Kita ketahui, yang lebih penting adalah kekebalan komunitas. Lebih banyak orang yang mendapatkan vaksinasi akan lebih baik daripada imunitas yang terpusat pada individu tertentu,” ujarnya.

Hari ini, lanjutnya, Indonesia akan kembali kedatangan vaksin jenis Sinovac sebanyak 5 juta dosis. Dengan kedatangan vaksin tahap ke-70 kemarin, Indonesia sudah menambah ketersediaan vaksin sebanyak 263.350.400 dosis, dalam bentuk vaksin jadi ataupun bahan baku (bulk).

“Dengan kedatangan tahap ke-70 ini, maka vaksin Coronavac keluaran Sinovac yang sudah hadir di Indonesia berjumlah 53.776.000 dosis,” sebutnya.  ***