La Liga : Barca Berada di Posisi Terburuk Sejak 32 Tahun Lalu

La Liga : Barca Berada di Posisi Terburuk Sejak 32 Tahun Lalu
FC Barcelona Tumbang Melawan Tim Promosi Cadiz
WestJavaToday.com - Segel tiket 16 besar Liga Champions Eropa musim ini, Kegemilangan prestasi Futbol Club Barcelona atau FC Barcelona berbanding terbalik dengan prestasi di kompetisi lokal. 

Pada Kompetisi La Liga, Anak asuh Ronald Koeman harus berada di posisi terburuk sejak 32 tahun silam. Tren buruk FC Barcelona di La Liga Spanyol berlanjut setelah menelan kekalahan di markas tim promosi Cadiz dengan skor tipis 1-2 dalam pertandingan pekan ke-12.

Kekalahan keempat sepanjang 10 laga musim ini membuat the Catalans hanya mengoleksi 14 poin dan terdampar di posisi tujuh klasemen sementara. Koleksi poin terburuk sejak musim 1987/1988, ketika itu Barca hanya meraih 13 angka. 

Cadiz yang bertindak sebagai tuan rumah sudah mengejutkan Barcelona dengan mencetak gol cepat di menit kedelapan lewat Alvaro Gimenez. Gol penyama kedudukan Barcelona tercipta melalui gol bunuh diri Pedro Alcala di menit ke-57. 

Namun, kesalahan lini belakang berakibat fatal untuk Barcelona. Situasi tersebut dimaksimalkan oleh Alvaro Negredo untuk mencetak gol di menit ke-63 untuk mengembalikkan keunggulan Cadiz. Sebaliknya kapten Lionel Messi yang kian dekat dengan koleksi jumlah gol ‘si Mutiara Hitam’ Pele, gagal menjebol gawang tim tuan rumah. 

“Kami tidak boleh kebobolan seperti itu. Ini bukti dari minimnya konsentrasi. Sangat sulit menjelaskan apa yang terjadi apalagi jika mengingat di pekan sebelumnya kami bermain dengan baik,” kata Koeman setelah pertandingan.

“Ini kemunduran besar dalam upaya kami bersaing di papan atas La Liga. Saya sangat kecewa. Atletico Madrid terlihat jauh. Jika kami gagal memperbaiki hasil tandang, tidak ada lagi yang bisa dikatakan,” tambah pelatih asal Belanda itu. 

Atletico Madrid kini bertakhta di puncak klasemen setelah menang 2-0 atas Real Valladolid. Gol Thomas Lemar menit ke-56 dan dimantapkan Marcos Llorente di menit ke72 membuat Atleti mengoleksi 26 poin dari 10 kali tanding, unggul dua angka atas posisi kedua Real Sociedad. 

Posisi ketiga ditempati Real Madrid yang unggul 1-0 atas tuan rumah Sevilla. Gol bunuh diri kiper Bono di menit ke-55, membuat anak asuh Zinedine Zidane mengoleksi 20 poin hasil 11 laga. 

Gol ke-100 

Di Liga Prancis, bintang muda Kylian Mbappe menyumbang satu gol untuk mengantar Paris Saint-Germain unggul 3-1 atas tuan rumah Montpellier, dini hari kemarin. Gol diakhir laga itu membuat striker timnas Prancis itu telah membukukan 100 gol untuk Les Parisiens di segala kompetisi. 

Jumlah gol Mbappe yang baru berusia 21 tahun, kini hanya kalah dari tiga pemain yang pernah membela PSG. Mereka yakni Pauleta (109 gol), Zlatan Ibrahimovic (156 gol), dan Edinson Cavani (200 gol). 

“Saya merasa semakin baik di sini setelah tiga setengah tahun. Terus bermain bersama membuat saya kian prima,” ungkap Mbappe. 

Di Liga Inggris, dua tim Manchester sama-sama meraih angka penuh. Manchester City unggul 2-0 atas Fulham melalui gol Rahim Sterling di menit ke-5 dan penalti Kevin de Bruyne menit ke-26. Manchester United sempat kebobolan sebelum bangkit untuk menundukkan West Ham United dengan skor 3-1. Adapun Chelsea sementara menguasai klasemen sementara, mengoleksi 22 poin, setelah menang 3-1 atas tim tamu Leeds United.***