Kurang dari 12 Jam Menjabat, Perdana Menteri Swedia Mengundurkan Diri

Kurang dari 12 Jam Menjabat, Perdana Menteri Swedia Mengundurkan Diri

WJtoday, Jakarta - Perdana Menteri Swedia, Magdalena Andersson secara mengejutkan mengundurkan diri pada Rabu, 24 November 2021. Andersson adalah Perdana Menteri perempuan Swedia pertama dan dia mengundurkan diri kurang dari 12 jam setelah menduduki jabatan itu.

Andersson berasal dari Partai Sosial Demokrat. Dia mengundurkan diri setelah Partai Hijau keluar dari koalisi Partai Sosial Demokrat. Kondisi ini menciptakan ketidak pastian politik.

Akan tetapi Andersson mengatakan dia telah berbicara dengan juru bicara parlemen Swiss bahwa dia berharap ditunjuk lagi sebagai Perdana Menteri Swedia dari satu partai. Kemungkinan tersebut mungkin terjadi dengan dukungan dari partai-partai lain.

Partai Hijau keluar dari koalisi setelah parlemen Swedia menolak RUU anggaran yang disorongkan oleh pemerintahan koalisi.

“Saya telah meminta ke juru bicara parlemen membebaskan saya dari tugas-tugas sebagai Perdana Menteri. Saya siap dipilih lagi untuk menjadi Perdana Menteri dalam sebuah partai tunggal, yakni pemerintahan Sosial Demokrat,” kata Andersson.

Partai Hijau sudah menyatakan akan memberikan dukungan pada Andersson dalam formasi baru di parlemen. Sedangkan Partai Tengah berjanji memilih abstain. Ada pun Partai Kiri menyatakan akan mendukung Andersson.***