Kualifikasi PD 2022 Amerika Selatan: Hasil Lengkap Pertandingan dan Klasemen

Kualifikasi PD 2022 Amerika Selatan: Hasil Lengkap Pertandingan dan Klasemen
Uruguay sukses kalahkan Kolombia pada penyisihan Piala Dunia 2022 Conmebol, Sabtu (14/11/2020)
WJtoday - Edinson Cavani dan Luis Suarez masing-masing menyumbangkan satu gol untuk membantu tim nasional Uruguay mencukur tuan rumah Kolombia 3-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan di Stadion El Metro, Baranquilla, Jumat waktu setempat, atau Sabtu (14/11/2020) pagi WIB.

Cavani membuka keunggulan Uruguay saat laga baru berjalan lima menit menyelesaikan umpan kiriman Nahitan Nandez dengan sepakan kaki kanan yang tak terbendung kiper David Ospina.

Kolombia berusaha membalas tetapi dua tembakan James Rodriguez dan satu peluang Duvan Zapata masih belum menemui sasaran sehingga keunggulan Uruguay bertahan hingga turun minum.

Empat menit selepas sepak lanjut babak kedua Zapata hampir menyamakan kedudukan, tetapi sepakan jarak dekatnya masih bisa dimentahkan oleh kiper Martin Campana. 

Uruguay justru berhasil menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-54 melalui eksekusi penalti Suarez setelah Jeison Murillo melanggar Rodrigo Bentancur di dalam area terlarang.

Kerja keras Kolombia tak kunjung membuahkan hasil, malah Uruguay memperlebah jarak keunggulan mereka jadi 3-0 lewat gol jarak jauh Darwin Nunez pada menit ke-73.

Hasil itu membuat Uruguay untuk sementara menanjak ke urutan keempat klasemen dengan koleksi enam poin, melompati Kolombia (4) yang tersisih ke urutan peringkat keenam.

Pada laga yang dimainkan berikutnya,  Chile berhasil mengatasi Peru 2-0 berkat dua gol Arturo Vidal di Estadio Nacional Julio Martinez Pradanos, Santiago, Sabtu.

Dengan kemenangan tersebut, Chile naik ke posisi enam klasemen Conmebol dengan perolehan 4 poin, hasil satu kali menang, sekali imbang dan sekali kalah.

Mantan pemain Barcelona, Arturo Vidal, tampil gemilang dengan memborong dua gol pada babak pertama, yakni menit ke-20 dan ke-35.

Gol pertama Arturo Vidal dicetak secara spektakuler dari jarak 24 meter. Memperoleh umpan pendek dari Jean Meneses di sisi kiri lapangan, Vidal menggiring bola beberapa langkah lalu melepaskan tendangan yang menjebol gawang Pedro Gallese yang bahkan tidak sempat bereaksi.

Gol kedua Chile berasal dari sebuah perebutan bola di depan gawang Pedro Gallese. Bola disundul oleh satu pemain Peru tapi justru mengarah ke kaki Vidal yang langsung menyambar untuk memberikan keunggulan 2-0 bagi Chile.  

Pada pertandingan lain Brazil berhasil kalahkan Venezuela dengan skor 1-0, dan tuan rumah Bolivia harus mengakui keunggulan Ekuador dengan kedudukan akhir 2-3.  ***

Klasemen sementara: