Komnas HAM Sebut Bangunan Lapas Klas I Tangerang Tidak Manusiawi

Komnas HAM Sebut Bangunan Lapas Klas I Tangerang Tidak Manusiawi
Kebakaran di Lapas I Tangerang./Twitter

WJtoday, Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebut bangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang tidak manusiawi. Bangunan itu juga dinilai tidak aman.

"Dari segi bangunan tidak layak, tidak manusiawi," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam, Minggu (12/9/2021).

Choirul menyebut pintu keluar dan masuk hanya ada satu di tiap blok. Sehingga menyulitkan proses evakuasi bila ada kejadian seperti kebakaran.

Bangunan Lapas Klas I Tangerang juga lebih cepat terbakar. Atap lapas masih menggunakan triplek dan kayu.

"Sehingga sekali ada api ya habis, dan itu terlihat dari sisa-sisa yang ada di sana," ujar Choirul.

Atap triplek dan kayu, kata Choirul, juga dipakai di blok-blok Lapas Klas I Tangerang lainnya. Dia membandingkan dengan atap bangunan Lapas Cipinang, Jakarta Timur, yang dicor.

"Makanya harus didaur ulang bangunannya agar petugas aman, penghuni aman," papar dia.

Blok C2 Lapas Klas I Tangerang terbakar sekitar pukul 01.45 WIB pada Rabu, 8 September 2021. Api berhasil dipadamkan pukul 03.30 WIB.

Sebanyak 44 orang narapidana yang berada di Blok C2 tewas. Sementara itu, delapan narapidana mengalami luka bakar dan 73 narapidana lainnya luka ringan.

Korban luka bakar dibawa ke RSUD Kabupaten Tangerang. Sedangkan, warga binaan yang luka ringan dirawat di Poliklinik Lapas Klas I Tangerang.

Penyebab kebakaran tengah diselidiki. Dugaan sementara, terdapat tindak pidana atau kelalaian dalam peristiwa tersebut.***