Komika Coki Pardede Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Penyalahgunaan Narkoba

Komika Coki Pardede Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Penyalahgunaan Narkoba
Komika Coki Pardede Terjerat Narkoba./twitter

WJtoday, Tangerang - Komika Reza Pardede atau Coki Pardede ditetapkan menjadi tersangka kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. Coki menjadi tersangka bersama dua pelaku lainnya WL dan RA.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan RA merupakan bandar narkoba. Sementara WL adalah seorang kurir yang memasok barang haram tersebut ke Coki Pardede.

"Jadi Coki tidak mengenal RA, Coki hanya mengenal WL. WL lah yang mengenal bandar sabu RA itu. WL yang ngambil ke RA, berdasar pesanan dari Coki," ujarnya, Sabtu (4/9/2021).

Yusri menuturkan ketiga tersangka itu memiliki hubungan terkait dalam bisnis haram tersebut. Pihaknya masih terus mendalami bandar besar pemasok sabu ke kalangan artis itu.

"Kami masih mendalami terus siapa lagi pemasok di atasnya. Ini baru satu tingkatan, karena biasanya mereka berantai. Kami tidak akan segan-segan menindak, meskipun sekarang masih pandemi covid-19, bukan berarti kami berhenti bertindak perangi narkoba, apalagi di kalangan artis," jelasnya.

Coki Pardede, WL dan RA saat ini telah dijadikan tersangka dengan dijerat Pasal 114, 112, UU RI No 35 Tahun 2009 tentang narkotika, ancaman 6 tahun penjara.

Kronologi Komika Coki Pardede Ditangkap Polisi

Sebelum komika Reza atau Coki Pardede ditangkap polisi atas penyalahgunaan narkoba jenis sabu, ternyata polisi lebih dulu menangkap seorang wanita berinisial WL yang berperan sebagai kurir barang haram tersebut.

"Jadi pada Selasa, 31 Agustus 2021, berdasarkan laporan dari warga ada dugaan transaksi narkoba jenis sabu yang dilakukan oleh seorang wanita," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Sabtu (4/9/2021).

Lalu, WL diamankan pada pukul 5 sore di apartemen di daerah Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dari WL ini diketahui bila kesehariannya menjadi seorang kurir, dan mengakui bila baru saja mengantarkan sabu ke seseorang berisial RP atau Coki Pardede.

Akhirnya, Sat Narkoba Polres Metro Tangerang bergerak ke rumah Coki Pardede di daerah Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Saat itulah ditemukan 1 klip sabu sisa pemakaian Coki Pardede seberat 0,3 gram.

Coki pun saat diamankan masih dalam kondisi terpengaruh narkoba jenis sabu tersebut, hingga akhirnya langsung digiring polisi.

Kemudian, setelah penyelidikan selama dua hari, polisi mendapati keberadaan bandar sabu yang biasa menyuplai ke WL. Pada Jumat malam, 3 September 2021, seorang bandar berinisial RA ditangkap polisi di dalam kontrakan di daerah Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

"Dari bandar RA ini, polisi mengamankan paket sabu seberat 11 gram," kata Yusri.

Hingga kini, ketiga tersangka masih dalam penahanan Polres Metro Tangerang, untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut. ***