Komentar di Instagram BWF, Ridwan Kamil Sebut BWF Rusak Esensi Olahraga

Komentar di Instagram BWF, Ridwan Kamil Sebut BWF Rusak Esensi Olahraga
ilustrasi Turnamen All England 2021
WJtoday, Bandung - Kabar mengejutkan dan menyakitkan bagi kontingan Indonesia di All England hadir pada Kamis (18/3/2021) dini hari WIB. Wakil-wakil Indonesia yang sudah berlaga dan yang belum dilarang meneruskan langkah mereka di ajang bulutangkis tertua di dunia itu.

Tujuh wakil Tanah Air dipaksa mundur karena dianggap berbahaya setelah berada dalam satu pesawat dengan satu penumpang yang ternyata terpapar Covid-19. Di sisi lain, padahal seluruh kontingen Indonesia, pemain, pelatih, dan tim pendukung, sudah dinyatakan negatof dalam tes swab setibanya di Birmingham (13/3/2021).

BWF dan panitia pelaksana dari Badminton England tak bisa berbuat banyak untuk melobi agar wakil Indonesia tetap bisa berlaga di All England. Mereka mengatakan bahwa peraturan itu adalah peraturan pemerintahan Inggris yang tak bisa diganggu-gugat.

"BWF dan Badminton England dapat mengonfirmasi sejumlah pemain dan anggota Tim Indonesia telah dihubungi oleh layanan Tes dan Penelusuran National Health Service (NHS) Pemerintah Inggris, dan diharuskan untuk menjalani isolasi mandiri dengan segera," bunyi keterangan resmi BWF.

Alhasil, situasi itu pun membuat ramai satu Indonesia. Tongkrongan di warung kopi hingga talk show di televisi ramai membahas kejadiann tersebut.

Bahkan salah satu pejabat daerah, Ridwan Kamil yang berlabel Gubernur Jawa Barat, nekat komentar di instagram BWF layaknya warganet pada umumnya.


"Mengapa Anda (BWF) tidak memberlakukan tes covid saja untuk semua atlet yang masuk. Lakukan tes covid setiap hari jika perlu. Anda melakukan kebijakan itu untuk tim Denmark, India, dan Thailand," tulis Ridwan Kamil.

"Mengapa tidak melakukan hal yang sama untuk tim Indonesia? Ini sangat tidak adil dan tidak profesional. Anda menghancurkan nilai esensi olahraga yaitu "keadilan". salam," katanya lagi.***