Kolaborasi Paguron Putra Satria Siliwangi dan Komunitas Coklat Kita: Berbagi dan Peduli

Kolaborasi Paguron Putra Satria Siliwangi dan Komunitas Coklat Kita: Berbagi dan Peduli
Kegiatan peduli bersih lingkungan oleh Paguron Putra Satria Siliwangi (PSS) di wilayah Haji Kurdi Bandung, Rabu, 1/9/2021. (wjtoday/pam)

WJtoday, Bandung - Paguron atau Perguruan Silat Putra Satria Siliwangi (PSS) berkolaborasi dengan komunitas Coklat Kita menggelar aksi sosial dengan tema berbagi dan peduli pada Rabu (1/9/2021) di wilayah RW 01 Haji Kurdi Kota Bandung.

Aksi sosial ini bersama Tim PKK Kurdi Juara menggelar berbagi nasi dus, penyemprotan disinfektan, serta bersih-bersih lingkungan yang dimulai sejak pagi hingga tengah hari di sejumlah wilayah Haji Kurdi.

Koordinator komunitas Coklat Kita untuk wilayah Bandung Asep Rohanda mengungkapkan aksi ini merupakan inisiatif dari PSS yang ingin memberikan manfaat positif keberadaan paguron di wilayahnya.

"Kebetulan sekali inisiatif dari PSS ini sejalan dengan tagline komunitas Coklat Kita yaitu berbagi. Jadi kami bisa memfasilitasi dan berkolaborasi menggelar aksi sosial hari ini." kata Asep saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Asep menambahkan, komunitas Coklat Kita sudah menjalin kerja sama dengan sebanyak 25 wilayah di Kota Bandung menyelenggaran beberapa kegiatan di bidang olah raga, seni budaya, serta bidang lainnya.

"Kami sangat mendukung keberadaan satu komunitas di wilayah untuk menjadi besar. Artinya mereka mampu memberikan kontribusi yang positif bagi lingkungan di sekitarnya." tegasnya.

Asep yang juga Ketua DPD PPSI Kota Bandung menambahkan, apalagi di masa pandemi Covid-19, dengan berbagi dan peduli, masyarakat yang terdampak sedikit banyak bisa merasakan bantuan yang diberikan.

"Jadi saya selaku orang PPSI jelas sangat mengapresiasi dan mendukung sebuah perguruan silat bisa memberikan manfaat sosial bagi lingkungannya." pungkasnya.

Sementara Guru Besar PSS Dedeng Priatna Atmaja mengutarakan, aksi sosial ini didasari kepedulian kepada lingkungan di masa pandemi.

"Dengan melakukan penyemprotan disinfektan dan kegiatan bersih-bersih lingkungan, PSS ingin membantu pemerintah menekan dan mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kami." kata Dedeng.

"Sedangkan dengan berbagi nasi dus kami ingin sedikit meringankan warga di sekitar wilayah sini yang secara ekonomi terdampak pandemi. Meski sedikit tetapi PSS sangat peduli." tambahnya menegaskan.

Dia menambahkan, selain itu manfaat yang bisa diperoleh dengan menggelar aksi sosial ini adalah memupuk kepedulian sosial bagi para siswa PSS peka terhadap lingkungannya.

"Saya ingin siswa PSS menjadi jawara. Bukan jawara yang jago gelut, tapi jawara yang ringan tangan membantu saudaranya yang ditimpa kesusahan. Sesuai dengan motto PSS, Salat, Silat, Siliwangi." jelas Dedeng.  ***